SOLOPOS.COM - Lokasi Gunung Gajah Mungkur di Bulu, Sukoharjo, yang akan dikembangkan menjadi ikon wisata bernama Solo Grand View. (Solopos/Bony Eko Wicaksono)

Solopos.com, SUKOHARJO — Objek wisata dengan fasilitas mewah, Solo Grand View yang akan dibangun di kawasan Gunung Gajah Mungkur, Dusun Kerjo, Desa Kedungsono, Kecamatan Bulu, Sukoharjo, ditarger bisa beroperasi pada akhir 2022. Pengerjaan bangunan fisik destinasi wisata baru di Sukoharjo itu ditarget selesai dalam enam bulan.

Baca Juga: Sosok Pengusaha di Balik Solo Grand View Sukoharjo: Muda, Sukses Pula!

Promosi Pegadaian Area Surabaya 2 Gelar Festival Ramadan 2024 di 2 Lokasi

Panorama alam Gunung Gajah Mungkur itu lah yang mendorong pengusaha muda asal daerah setempat, Machmud Lutfi Huzain, mengembangkan objek wisata di kawasan itu. ‘Saya ingin mengembangkan potensi alam yang luar biasa di Gunung Gajah Mungkur. Terlebih, Sukoharjo minim destinasi wisata. Saya bermimpi Gunung Gajah Mungkur menjadi ikon pariwisata di Sukoharjo,” katanya kepada Solopos.com, Kamis (2/12/2021).

Machmud mengatakan pada tahap awal, ada beragam fasilitas yang segera dibangun di sekitar Gunung Gajah Mungkur mulai dari restoran, camping ground, resort, dan invisible zoo. Untuk menggaet wisatawan, kolam tanpa batas atau infinty pool bakal dibangun di lokasi tersebut. “Tahap awal, area yang dibangun seluas tiga hektare,” ujarnya.

Machmud mengatakan saat ini tengah mengurus berbagai perizinan. Ia pun rutin berkomunikasi dengan pemerintah Desa Kedungsono. Pengusaha muda itu menambahkan saat tinggal menunggu izin mendirikan bangunan (IMB) yang belum terbit karena perubahan regulasi dari pemerintah pusat.

Baca Juga: PPKM Level 3 Nataru, PKL Solo Baru Minta Tak Ada Penyekatan Jalan

“Saya menargetkan pengerjaan pembangunan fasilitas Solo Grand View rampung dalam enam bulan. Kemungkinan, Solo Grand View resmi beroperasi pada akhir 2022,” tutur Machmud.

Fasilitas itu mulai dari restoran, camping ground, dan invisible zoo. Untuk menggaet wisatawan, kolam tanpa batas atau infinity pool juga bakal dibangun di lokasi tersebut.

Sedangkan bagi pengunjung yang ingin menginap tak perlu khawatir. Investor akan membangun resort berkonsep view panorama dari ketinggian Solo Grand View. Para wisatawan langsung bisa menikmati pesona panorama alam saat membuka pintu kamar.

Informasi yang diperoleh Solopos.com, investor yang merupakan pengusaha muda asal daerah setempat, Machmud Lutfi Huzain, telah membeli lahan seluas 28 hektare untuk mewujudkan objek wisata berikut fasilitasnya tersebut. Destinasi wisata diproyeksikan menjadi ikon pariwisata baru di Sukoharjo.

Baca Juga: View-nya Ciamik, Gunung Gajah Mungkur bakal Jadi Ikon Wisata Sukoharjo

Secara geografis, lokasi Gunung Gajah Mungkur terletak di Dusun Kerjo, Desa Kedungsono, Kecamatan Bulu. Lokasi Gunung Gajah Mungkur tak jauh dari Gunung Sepikul atau Bukit Sepikul yang sudah terkenal di kalangan pencinta wisata alam.

Wilayah tersebut berbatasan langsung dengan Desa Gunungan, Kecamatan Manyaran, Kabupaten Wonogiri. Gunung Gajah Mungkur sangat cocok bagi penghobi tracking atau pendakian terutama pemula. Ketinggian gunung tak lebih dari 500 meter di atas permukaan laut (mdpl).

Puncak Gunung Gajah Mungkur bernama Laskar Pelangi menjadi spot paling menarik bagi para pemburu sunset. Mereka bisa menikmati matahari menghilang di bawah garis cakrawala. Momen ini kerap diburu para pengunjung yang ingin mengabadikan momen tersebut sembari berfoto selfie.

Baca Juga: 6 Lokasi di Sukoharjo Disekat untuk Cegah Massa Reuni 212, Ini Hasilnya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya