SOLOPOS.COM - Logo ASEAN Para Games 2022 (APG) 30 Juli hingga 6 Agustus 2022 di Kota Solo. (Istimewa)

Solopos.com, SOLO—Kemenangan Suwarti dengan skor 11-9 pada game pamungkas menghadapi pemain tunggal Thailand Sumalee Suangtho mengantarkan kelas TT8 beregu putri para tenis meja Indonesia meraih medali emas perdana pada ASEAN Para Games Solo 2022.

Di kelas ini, Timnas Indonesia hanya menghadapi Thailand. Tim beregu putri kelas TT8 Timnas Indonesia terdiri atas Hamida, Siti Fadilah, dan Suwarti.

Promosi Sejarah KA: Dibangun Belanda, Dibongkar Jepang, Nyaman di Era Ignasius Jonan

Mereka berhadapan dengan tim beregu putri Timnas Thailand yakni Kanlaya Chaiwut, Sumalee Suangtho.

Baca Juga: Para Badminton Sumbang Medali Emas Pertama Indonesia di APG 2022

Ekspedisi Mudik 2024

Suwarti mengatakan Thailand menjadi lawan terberat selama kompetisi dan sudah sering kali bertemu di final ASEAN Para Games. Meski demikian Suwarti mengaku gugup saat menghadapi Sumalee Suangtho.

“Mungkin karena belum panas. Setelah pandemi, baru kali ini ada event besar. Kami benar-benar harus berpikir agar menang dan harus pintar,” kata Suwarti, saat ditemui wartawan seusai pertandingan di Solo Techno Park (STP), Minggu (31/7/2022).

Kemenangan ini membawa Timnas Para Tenis Meja beregu putri kelas TT8 mengantongi medali emas setelah Indonesia unggul 2-0 atas Thailand. “Alhamdulillah karena ini target medali emas satu sudah tercapai. Jadi, saya masih harus kerja keras lagi untuk tiga target lainnya,” tambahnya.

Baca Juga: Diikuti 7 Negara, Kualifikasi Para Panahan APG 2022 Solo Dimulai

Selain para tenis meja beregu putri kelas TT8, Suwarti juga menargetkan emas pada nomor ganda kelas TT8, ganda campuran kelas TT8, dan tunggal kelas TT8. “Peluangnya insya Allah final,” tutur Suwarti.

Pelatih Timnas Para Tenis Meja Indonesia, Suwarno, mengaku senang atas perolehan medali emas dari Suwarti pada beregu putri kelas TT8. Capaian ini diharapkan menjadi pelecut semangat para pemain lain untuk menambah pundi-pundi emas Indonesia.

“Alhamdulillah hari ini masih on the track. Hari pertama adalah hari yang bagus. Mudah-mudahan bisa membawa emas-emas berikutnya,” ujar Suwarno.

Baca Juga: Warna Warni Kembang Api Hiasi Langit di Solo, Tandai Dibukanya APG 2022

Pada ajang kali ini, tim para tenis meja ditargetkan menyumbangkan sedikitnya 12 medali emas, 18 perak, dan 16 perunggu. Menurut Suwarno, peluang emas didulang dari kelas-kelas beregu lainnya seperti kelas TT9 putra, TT10 putra, TT8 putra, dan TT4 putra.

Selama ini, kekuatan Timnas Indonesia lebih unggul dibandingkan Thailand di para tenis meja.

Wheelchair head to head juga dengan Thailand. Tapi wheelchair cenderung ke Thailand. Mudah-mudahan targetnya melesat ke atas dari 12 emas tadi,” harap Suwarno.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya