[ X ] CLOSE

Beredar Kalender Police News Gambar Kapolri, Ini Kata Polda Jateng

Polda Jateng membantah telah mengeluarkan izin kepada perusahaan tabloid Police News untuk mengedarkan tabloid bergambar Kapolri.
Beredar Kalender Police News Gambar Kapolri, Ini Kata Polda Jateng
SOLOPOS.COM - Kalender tahun 2021 yang mencatut nama dan gambar Kapolri diperjualbelikan di Kota Semarang. (Istimewa/Bidhumas Polda Jateng)

Solopos.com, SEMARANG — Sebuah perusahaan tabloid di Kota Semarang, Police News, mengedarkan surat permohonan kepada instansi pemerintah dan swasta untuk membeli kalender tahun 2022 yang baru saja mereka terbitkan.

Dalam kalender yang dibanderol Rp100.000 itu juga terdapat logo Polri serta gambar Kapolri, Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo, dan Kapolda Jateng, Irjen Polisi Ahmad Lutfi.

Terkait beredarnya surat permohonan untuk membeli kalender Police News itu, Kapolda Jateng melalui Kabid Humas Polda Jateng, Kombes Pol. M. Iqbal Alqudusy, angkat bicara. Ia menyatakan penjualan kalender itu tidak sangkut pautnya dengan Polda Jateng maupun instansi lain dalam organisasi Polri.

Baca juga:Top! Polda Jateng Gagalkan Penyelundupan Benih Lobster Rp2,3 M

“Polda Jateng tidak pernah memberikan izin pembuatan kalender Police News. Kami tidak pernah mengeluarkan izin terkait pembuatan kalender atau produk lain yang mengatasnamakan institusi Polri, termasuk Polda Jateng. Termasuk juga dalam hal penggunaan logo, gambar Kapolri dan Kapolda untuk kepentingan profit,” ujar Iqbal dalam keterangan tertulis yang diterima Solopos.com, Rabu (6/10/2021).

Kabid Humas Polda Jateng itu juga menegaskan jika beredarnya kalender yang menggunakan logo Polri dan gambar Kapolri itu tanpa sepengetahuan Polda Jateng. Oleh karenya, ia pun meminta masyarakat maupun instansi pemerintah dan swasta untuk tidak melayani jika ada penjual yang menawarkan produk kalender dengan mencatut nama Polda Jateng.

“Kami mohon masyarakat berhati-hati. Kami tegaskan kalender Police News tidak terkait dengan Polda Jateng. Bidhumas Polda Jateng tidak pernah mengeluarkan izin pembuatan maupun peredaran kalender tersebut,” tegas Kabid Humas Polda Jateng.

Baca juga: Penjualan Kalender Dongkrak Omzet Percetakan Hingga 20%

Iqbal mengatakan saat ini Polda Jateng tengah fokus dalam penanganan pandemi Covid-19 dan pemeliharaan keamanan dan ketertiban masyarakat di Jawa Tengah.

“Dalam situasi seperti ini, kami tidak ingin membebani masyarakat dengan hal-hal yang bersifat komersial. Malah, Polda Jateng berusaha semaksimal mungkin membantu masyarakat melalui berbagai program. Antara lain percepatan vaksinasi massal, bantuan sosial, hingga pemberdayaan ekonomi masyarakat,” jelas Iqbal.



Berita Terkait
    Promo & Events
    Berita Terkini
    Indeks Berita

    Apa yang ingin anda baca?

    :
    :
    Night Mode
    Notifications
    Support
    Privacy
    PasswordUpdated 15 days ago