SOLOPOS.COM - Loji Gandrung Solo. (Dok Solopos)

Solopos.com, SOLO — Upacara adat ngunduh mantu Kaesang Pangarep, putra Presiden Joko Widodo (Jokowi), disebut-sebut bukan digelar di Pura Mangkunegaran melainkan di Loji Gandrung Solo. Pura Mangkunegaran hanya akan digunakan sebagai tempat resepsi atau tasyakuran pernikahan Kaesang dengan Erina Gudono.

Informasi itu diperoleh Solopos.com dari salah seorang tokoh Solo melalui pesan Whatsapp (WA), Rabu (23/11/2022). “Sruwang-sruwing acara adat wonten Loji Gandrung… Bilih resepsinipun wonten Pura Mangkunegaran. Cobi saenipun dipun klarifikasi supados fix. Mbok bilih Pak Menteri Erick [Thohir] menyamakan adat dan pesta atau resepsi,” tulisnya.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Terpisah, Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka, saat dimintai klarifikasi terkait informasi tersebut melalui pesan WA oleh Solopos.com, tidak mau memberikan penjelasan. Dia hanya mengarahkan Solopos.com agar meminta penjelasan panitia acara.

“Silakan tanya ke panitia ya,” pesannya. Sementara Pengageng Wedhana Satrio Pura Mangkunegaran Solo, KRMT Lilik Priarso, saat dihubungi Solopos.com melalui telepon juga tidak mau memberikan penjelasan terkait kabar acara ngunduh mantu Kaesang seperti yang beredar itu.

Dia mengarahkan agar menanyakan hal itu kepada KPH Cuk Susilo. Dia juga memberikan nomor ponsel KPH Cuk Susilo kepada Solopos.com, namun setelah beberapa kali dihubungi nomor tersebut Cuk tidak merespons.

Baca Juga: 86 Busana Jawi Jangkep Pernikahan Kaesang Dibuat oleh Penjahit di Keprabon Solo

Saat dikirimi pesan WA Cuk baru memberikan tanggapan walau hanya sedikit. Seperti ketika ditanya perihal agenda acara pernikahan Kaesang dan Erina di Pura Mangkunegaran Solo, menurutnya, hanya resepsi pernikahan. “Namung tasyakuran,” tulisnya.

Cuk juga membenarkan upacara adat ngunduh mantu Kaesang akan digelar di kompleks Loji Gandrung Solo. “Nggeh [iya],” balasnya. Diberitakan sebelumnya, Kaesang dan Erina akan melangsungkan pernikahan 10 Desember 2022.

Setelah akad nikah di Jogja, dilanjutkan upacara adat ngunduh mantu di Solo. Menteri BUMN, Erick Thohir, sempat mengunjungi Pura Mangkunegaran pada Minggu (20/11/2022) untuk mengecek lokasi resepsi pernikahan tersebut.

Baca Juga: Ngunduh Mantu Kaesang di Pura Mangkunegaran, Begini Alasan Wali Kota Gibran

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya