SOLOPOS.COM - Bupati Wonogiri, Joko Sutopo. (Solopos-M. Aris Munandar)

Solopos.com, WONOGIRI -- Bupati Wonogiri Joko Sutopo menegaskan uji coba Pembelajaran Tatap Muka atau PTM tetap berlangsung meski ada penundaan di dua sekolah karena ditemukan kasus terkonfirmasi positif Covid-19 di sekolah tersebut.

Hal itu sekaligus meluruskan informasi yang beredar bahwa uji coba PTM di Wonogiri dihentikan total karena ada dua siswa positif Covid-19.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

"Jadi perlu sedikit diklarifikasi ya. Uji coba PTM merupakan langkah awal membudidayakan hidup baru dengan menerapkan protokol kesehatan ketat. Ketika saat PTM ditemukan kasus positif di suatu sekolah, maka yang ditunda hanya di sekolah itu saja. Tidak semua sekolah diberhentikan uji cobanya," kata dia kepada wartawan di Pendapa Rumah Dinas Bupati Wonogiri, Sabtu (10/4/2021).

Baca juga:  Keren! TP PKK Kelurahan Giriwoyo Wonogiri Sulap Area Cekdam Kumuh Jadi Taman Cantik

Pria yang akrab disapa Jekek itu juga memastikan mereka yang terpapar Covid-19 bukan dua siswa, melainkan satu siswa dan satu guru.

Diketahui, satu siswa yang terpapar Covid-19 merupakan murid SMAN 1 Wonogiri. Pada hari pertama uji coba PTM, Senin (5/4/2021), siswa itu dinyatakan positif berdasarkan tes cepat antigen.

Kemudian pada Senin sorenya, siswa itu dinyatakan positif Covid-19 berdasarkan tes PCR.

Sementara itu guru yang dinyatakan positif yakni guru SDN 2 Baturetno. Guru tersebut dinyatakan positif tiga-empat hari sebelum uji coba PTM dilaksanakan. Meski demikian, uji coba di SD itu ditunda.

Baca juga: Hasil Tes Keluarga Siswa Negatif Covid-19, Uji Coba PTM di SMAN 1 Wonogiri Dilanjutkan?

Menurut Jekek, baik siswa maupun guru yang terpapar Covid-19 saat ini dalam keadaan baik, tidak ada penyakit komorbid atau bawaan yang dialami. Saat ini keduanya menjalani isolasi mandiri di rumah.

"Memang sesuai dengan SOP sekolah harus menunda uji coba PTM ketika ada kasus Covi-19. Kami sudah melakukan upaya tracing yang lebih luas terhadap dua kasus itu. Butuh waktu beberapa hari. Jika semua sudah klir uji coba PTM bisa dibuka kembali," kata Jekek.

Masih Menggelar Uji Coba

Kabar pemberhentian uji coba PTM itu juga diterima oleh Kepala Sekolah Pengampu SMP N I Wonogiri, Sri Nuryati.

"Tadi pagi memang ada sebagian guru yang tanya kepada saya apakah uji coba PTM dihentikan. Tapi saya jawab masih berlangsung, belum ada instruksi. Hari ini di SMP kami juga masih menggelar uji coba," kata dia kepada wartawan di lingkungan SMPN 1 Wonogiri, Sabtu.

Baca juga: Kisah Kakek Wonogiri Hilang 2 Hari, Akhirnya Ketemu di Ladang

Diketahui ada 13 sekolah di Wonogiri yang dijadwalkan menggelar uji coba PTM, dengan rincian lima SMP, lima SD dan tiga SMA sederajat. Lima SMP itu yakni SMPN 1 Wonogiri, SMPN 1 Eromoko, SMPN 1 Baturetno, SMPN 1 Jatiroto dan SMPN 1 Purwantoro.

Sedangkan untuk SD yakni SDN 1 Wonogiri, SDN 2 Baturetno, SDN 1 Wuryantoro, SDN 1 Jatisrono dan SDN 2 Purwantoro. Sementara itu, SMA sederajat yakni SMAN 1 Wonogiri, SMKN 1 Wonogiri dan MAN Wonogiri.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya