SOLOPOS.COM - Sukarelawan memperingatkan pengendara yang tidak mengenakan masker di depan Terminal Tawangmangu, Karanganyar, Senin (1/6/2020). (Solopos/Candra Mantovani)

Solopos.com, KARANGANYAR -- Kabupaten Karanganyar tidak termasuk sasaran operasi yustisi dan pemeriksaan rapid test antigen atau swab antigen selama libur Natal dan Tahun Baru 2021.

Pada grup Whatsapp maupun sejumlah akun Instagram beredar informasi tentang sebelas lokasi operasi yustisi sekaligus pelaksanaan rapid test antigen atau swab antigen di wilayah Jawa Tengah (Jateng).

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Kegiatan tersebut diduga dilaksanakan dalam rangka menyambut pemudik selama momen libur Natal dan Tahun Baru 2021. Salah satu lokasi yang disebut di informasi tersebut adalah objek wisata Tawangmangu di Kabupaten Karanganyar pada Kamis (24/12/2020) dan Minggu (27/12/2020).

Stasiun Madiun Layani Rapid Test Antigen, Tarifnya Rp105.000

Informasi tersebut menimbulkan pertanyaan dari sejumlah pihak. Sayangnya, tidak diketahui darimana informasi tersebut beredar atau siapa yang membuat informasi tersebut.

Solopos.com mengonfirmasi informasi tersebut kepada Plt Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Karanganyar, Purwati. Dia mengaku Dinkes Karanganyar belum mendapatkan surat perihal rencana kegiatan tersebut.

"Hla padahal tanggal 24 Desember kan tinggal besok. Ini tidak ada surat pemberitahuan atau apa pun kepada kami. Belum ada agenda dan informasi apa pun. Itu informasi dari siapa," kata Purwati saat berbincang dengan Solopos.com melalui pesan aplikasi WhatsApp, Rabu (23/12/2020).

Operasi Yustisi

Hal senada disampaikan Kepala Bidang (Kabid) Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinkes Karanganyar, Warsito.

Dia membenarkan bahwa Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Tengah akan menyelenggarakan operasi yustisi sekaligus rapid test antigen atau swab antigen secara acak di sebelas lokasi di Jateng.

Tetapi, Warsito menyampaikan dari sebelas lokasi itu tidak termasuk Kabupaten Karanganyar.

"Oh, sebelas titik itu Karanganyar enggak termasuk. Di objek wisata Tawangmangu tidak ada. Yang ada malah objek wisata Balekambang Solo," kata Warsito saat berbincang dengan wartawan, Rabu.

Anjing Galak Dikerahkan untuk Sisir Gereja di Sragen

Dia menduga Kabupaten Karanganyar tidak termasuk sasaran operasi yustisi dan pengambilan sampel rapid test antigen atau swab antigen karena pada momen liburan sebelumnya sudah.

Selain itu, sasaran rapid test antigen pada momen liburan kali ini banyak didominasi di rest area dan sejumlah objek wisata di Jawa Tengah.

"Libur panjang dulu kan sudah dilaksanakan di pintu masuk Grojogan Sewu Tawangmangu. Hla ini pindah ke lokasi lain yang belum. Kemudian sepertinya memang difokuskan di rest area di wilayah Jateng untuk pemantauan pemudik," ujar dia.

Ingin Jual Properti di Masa Pandemi, Perhatikan Tips Berikut Ini

Data yang dihimpun Solopos.com dari berbagai sumber, Pemprov Jateng akan melaksanakan rapid test antigen atau swab antigen secara acak di sebelas lokasi.

Pos Pelayanan Kesehatan

Sebelas lokasi itu objek wisata Dieng di Wonosobo, Borobudur di Magelang, Baturaden di Banyumas, Dusun Sumilir di Kabupaten Semarang, Lawangsewu di Kota Semarang, Balekambang di Kota Solo, rest area 260 B di Kabupaten Tegal, rest area 379 A di Batang, rest area 429 di Kabupaten Semarang, rest area 456 A dan 456 B di Kabupaten Semarang.

Pada informasi tersebut tertulis kegiatan tersebut di bawah koordinasi Dishub dan Satpol PP Pemprov Jateng.

Di sisi lain, Warsito menyampaikan Dinkes Kabupaten Karanganyar memastikan pos pelayanan kesehatan siap siaga menyambut liburan Natal dan Tahun Baru 2021.

Rapid Test Antigen Bandara Adi Soemarmo Solo Didominasi Masyarakat Umum

Mereka siap siaga menghadapi segala hal yang mungkin terjadi, seperti keracunan, kondisi luar biasa, kegawatdaruratan, kecelakaan, dan lain-lain.

"Semua sudah dikoneksikan dengan pos pengamanan terpadu Natal dan Tahun Baru 2021. Jadi kami fokus pos pelayanan kesehatan siap setiap saat," jelasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya