SOLOPOS.COM - Ketua Panitia PPDB SMAN 3 Solo, Sri Widodo, menunjukkan bukti piagam CPD yang sempat diduga ada manipulasi di ruang pelayanan PPDB SMAN 3 Solo, Jumat (1/7/2022). (Solopos/Afifah Enggar Wulandari)

Solopos.com, SOLO — Panitia Penerimaan Peserta Didik Baru atau PPDB SMAN 3 Solo mengklarifikasi ihwal kecurigaan adanya kecurangan berupa manipulasi piagam prestasi calon peserta didik (CPD) yang mendaftar di sekolah tersebut.

Informasi mengenai dugaan kecurangan tersebut beredar di media sosial Twitter pada Kamis (30/6/2022). Disebutkan ada dua dugaan kecurangan pada saat input data piagam prestasi calon peserta didik.

Promosi Pegadaian Buka Lowongan Pekerjaan Khusus IT, Cek Kualifikasinya

Salah seorang siswa SMP di Solo yang meminta namanya dirahasiakan, kepada Solopos.com, Jumat (1/7/2022), mengatakan ada beberapa kejanggalan dalam input data piagam prestasi kejuaraan calon siswa tersebut. Ia menemukan ada dua kejanggalan pada piagam milik dua CPD SMAN 3 Solo.

Siswa SMP tersebut menduga di luar SMAN 3 Solo juga ada manipulasi piagam prestasi untuk mendaftar PPDB. Dua kejanggalan itu, pertama, adanya kekeliruan tanggal penerimaan piagam kejuaraan yang mengindikasikan kedua CPD tak betul-betul ikut kejuaraan tersebut.

Kedua, diduga ada kesalahan pada kategori kejuaraan yang diinput saat pengajuan akun PPDB calon siswa bersangkutan. Menurutnya, salah satu dari dua CPD tersebut diduga melakukan input kategori kejuaraan. Seharusnya kejuaraan tidak berjenjang, namun diisi menjadi kejuaraan berjenjang.

Baca Juga: Hari Pertama Pendaftaran PPDB SMA/SMK Di Solo, Server Malah Down

Hal itu dapat memengaruhi skor yang didapat CPD. Satu CPD tersebut diketahui menjuarai lomba Kompetisi Sains Madrasah (KSM) Tingkat Kota/Kabupaten pada 2021 lalu. Menurut pelapor, KSM merupakan kejuaraan tak berjenjang. Namun di data pendaftar, CPD menuliskannya menjadi Kompetisi Sains Nasional (KSN).

“Jika juara KSM tapi menulis KSN [kompetisi sains nasional] itu jadi menambah nilai prestasi dia, setahuku di juknis PPDB SMA, KSM tidak termasuk prestasi berjenjang sehingga kalau juara II kota harusnya cuma dapat 0.50. Tapi jika itu KSN maka jadi dapat poin 2.00,” tuturnya mengenai dugaan manipulasi piagam prestasi CPD SMAN 3 Solo itu.

Hasil Pengecekan

Sementara itu, Ketua Panitia PPDB SMAN 3 Solo, Sri Widodo, menepis kecurigaan tersebut. Saat ditemui Solopos.com di ruang guru SMAN 3 Solo, Jumat (1/7/2022), Widodo menunjukkan berkas kedua CPD yang diduga ada manipulasi piagam prestasi.

Baca Juga: 4 Masalah Ini Dihadapi Calon Siswa SMA/SMK Solo Saat Mendaftar PPDB

Berkas keduanya diambil dan dibuka satu per satu. “Coba kita cek bareng-bareng ya,” tuturnya. Widodo menunjukkan hasil fotokopi piagam terlegalisir milik masing-masing CPD.

Ia mencocokkan tanggal piagam dan kategori kejuaraan sesuai dengan yang ada di data pendaftar. “Kalau dilihat tanggalnya sudah sesuai kan ya,” jelasnya.

Terkait kejanggalan kedua pada dugaan manipulasi piagam prestasi pendaftar PPDB SMAN 3 Solo, Widodo mengecek apakah KSM ada di pilihan kategori kejuaraan berjenjang saat pengajuan akun PPDB SMA negeri atau tidak. Hasilnya, tak ada KSM di dalamnya.

Baca Juga: Server PPDB SMA/SMK Sempat Down, CPD Solo Ramai-Ramai Datangi Sekolah

“Saya menilai KSM ini kan di bawah Kemenag, sedangkan kami PPDB di bawah Kemendikbud. Yang mana dua kejuaraan ini meski setara tapi beda naungan. Makanya enggak ada istilah KSM di sini,” tuturnya.

Sementara itu, Seksi Pendidikan Madrasah Kantor Kemenag Solo, Rifhamdani Agam, mengonfirmasi KSM merupakan kejuaraan berjenjang di bawah naungan Kementerian Agama.

“Dari dan terkait PPDB online itu kewenangan Cabdin Disdik Jateng. Tapi kalau KSM memang [kejuaraan] secara berjenjang. Dari tingkat satpen [satuan pendidikan] hingga tingkat pusat,” jelasnya kepada Solopos.com, Jumat (1/7/2022) sore.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya