SOLOPOS.COM - Warga Desa Gentungan, Kecamatan Mojogedang, Kabupaten Karanganyar berebut kue apam dalam acara Gunungan Apam Sewu di Pasar Ciplukan desa setempat, Minggu (8/5/2022). (Solopos.com/Akhmad Ludiyanto)

Solopos.com, KARANGANYAR Gunungan Apam Sewu di Desa Gentungan, Kecamatan Mojogedang, Kabupaten Karanganyar, Minggu (8/5/2022) membawa berkah bagi warga. Pasalnya, mereka yang beruntung selain bisa membawa pulang apam, mereka juga bisa membawa uang tunai yang terselip pada gunungan apam yang diperebutkan pagi itu.

Salah seorang warga, Tri Wahyuni berhasil mengumpulkan uang Rp166.000 yang terdiri atas tiga lembar pecahan Rp50.000, satu lembar pecahan Rp10.000, satu lembar pecahan Rp5.000 dan satu lembar pecahan Rp1.000. “Alhamdulilah, dapat Rp167.000 bisa buat tambahan kebutuhan Lebaran,” ujarnya setelah ikut berjibaku berebut apam.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Tapi di antara seratusan warga yang ikut berebut gunungan apam itu, banyak juga yang tidak berhasil mendapatkan uang tunai. Seperti Indah Ika yang hanya memperoleh kue yang dibungkus dengan daun tersebut. “Ini dapat apam saja. Alhamdulilah nanti bisa dibagi-bagi di rumah supaya bisa dapat berkahnya,” ujarnya.

Sementara itu, gunungan apam sewu ini sebelumnya dikirab dari salah satu rumah warga dan selanjutnya dipajang di tengah Pasar Ciplukan Desa Gentungan untuk diperebutkan warga. Dalam sekejap, apam-apam itu pun ludes diserbu warga.

Baca Juga: Okupansi Nyaris 100%, Mudik Lebaran 2022 Bahagiakan Pengelola Hotel

Ketua panitia acara, Mulyono mengatakan gunungan apam sewu 2022 ini digelar kali kedua. Acara yang digelar untuk menyemarakkan Hari Raya Idulfitri itu kali pertama digelar 2021 di tempat yang sama.

“Gentungan adalah desa wisata yang semua kegiatannya melibatkan semua masyarakat. Di desa wisata ini ada budaya, sejarah, tradisi dan sebagainya yang harus dilestarikan. Ini kami lanjutkan dan pelihara. Kemudian selama bulan Ramadan kemarin, Pasar Ciplukan yang merupakan pasar tradisional ini kan libur. Nah, Gunungan Apem ini sekaligus menjadi penanda bahwa pasar ini sudah dibuka kembali,” ujarnya.

Kepala Desa Gentungan, Suwito, mengatakan kegiatan tersebut merupakan bagian dari upaya memberdayakan potensi masyarakat. “Dengan kegiatan ini pasar bisa bergulir lagi, warga bisa berdagang hasil bumi, hasil ternak dan sebagainya sehingga perekonomian masyarakat juga bisa terus berkembang,” imbuhnya.

Baca Juga: Gerabah Desa Wisata Karanganyar Bikin Sandiaga Uno Jatuh Cinta

Sementara itu, Wakil Bupati Karanganyar Rober Christanto dalam sambutannya meminta warga Gentungan menjadi marketing bagi desanya. Warga bisa menyebarluaskan informasi tentang potensi desanya melalui relasi dan media sosial yang mereka miliki.

“Warga harus ikut menjadi marketing untuk mempromosikan potensi desanya,” ujar Rober yang ikut menyelipkan beberapa lembar uang tunai pecahan Rp50.000 di antara apam-apam pada gunungan sebelum diperebutkan warga.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya