SOLOPOS.COM - Kelompok 264 KKN UNS yang bertugas di Desa Hargantoro, Tirtomoyo, Wonogiri, Jawa Tengah.

Solopos.com, WONOGIRI — Kuliah Kerja Nyata (KKN) UNS Membangun Desa periode Juli-Agustus 2021 resmi dilaksanakan 3-31 Agustus 2021. Kelompok 264 KKN UNS yang bertugas di Desa Hargantoro, Tirtomoyo, Wonogiri, Jawa Tengah, mengangkat tema “Pemberdayaan dan Perubahan Perilaku Masyarakat Desa Hargantoro di Masa Pandemi”.

Tim 264 KKN UNS memiliki 10 program kerja yang terdiri atas 2 program kerja utama dan 8 program kerja penunjang. Salah satu program kerja utamanya adalah sosialisasi pembuatan serta pemanfaatan instalasi hidroponik & budidamber yang dilaksanakan pada Minggu (29/8/2021).

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Kelompok 264 ini di bawah bimbingan Bapak Yayan Suherlan, S.Sn., M.Sn. dengan koordinator kelompok Anita Dwi Rahmawati (FKIP/Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini). Kelompok 264 ini beranggotakan Yogi Yulianto (FKIP/Pendidikan Sosiologi Antropologi), Yuliana Wati (FKIP/Pendidikan Teknik Mesin), Robby Nur Salsala (FKIP/Pendidikan Teknik Mesin), Muchamad Amry Shidiq (FKOR/Pendidikan Jasmani Kesehatan).

Baca Juga: PPKM Turun ke Level 3, Objek Wisata di Wonogiri Buka?

Kemudian Muhammad Naufal Adani (FP/Agroteknologi), Aisya Eri Arnieta (FH/Ilmu Hukum), Akbar Muftiasa (FH/Ilmu Hukum), Ajie Radhitya Dharmajati (FT/Arsitektur), dan Ajie Wardhanu (FKOR/Pendidikan Kepelatihan Olahraga).

Mahasiswa Kelompok 264 KKN UNS melakukan sosialisasi pembuatan dan pemanfaatan instalasi hidroponik dan Budidamber dengan tujuan pemberdayaan masyarakat desa agar dapat memanfaatkan lahan sempit menjadi suatu usaha yang menguntungkan yaitu metode bercocok tanam dengan tanpa menggunakan media tanah, melainkan menggunakan air sebagai medium utama untuk menggantikan tanah.
Kegiatan ini dapat dilakukan di rumah sehingga membantu menambah pendapatan masyarakat pada saat pandemi Covid-19.

Sosialisasi pembuatan dan pemanfaatan instalasi hidroponik & budidamber ini dilakukan di balai pertemuan desa yang dihadiri oleh 10 orang perwakilan dari setiap dusun yang ada di Desa Hargantoro dan beberapa jajaran perangkat desa. Diharapkan dari setiap perwakilan dusun yang hadir tersebut bisa menularkan pengetahuan yang didapat saat mengikuti sosialisasi kepada masyarakat sekitarnya, sehingga sosialisasi ini dapat dirasakan manfaatnya oleh banyak orang.

Baca Juga: Ikut Vaksinasi di Slogohimo Wonogiri Bisa Dapat Kupon Diskon Makan Bakso Djanda

Instalasi hidroponik ini diserahkan kepada pemerintah desa yang mana nantinya bisa dikelola oleh BUM desa. Ada juga pemberian 10 alat & bahan pembuatan budidamber kepada setiap perwakilan dusun yang hadir dalam sosialisasi agar nantinya pada saat di rumah mereka bisa mempraktikannya sendiri cara pembuatan dan pemanfaatan budidamber serta dapat mengedukasi masyarakat sekitarnya.

Tim KKN 264 UNS berharap dengan adanya kegiatan ini dapat bermanfaat membantu pemberdayaan masyarakat dan perubahan perilaku masyarakat pada saat pandemi ini agar lebih produktif.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya