SOLOPOS.COM - Tangkapan layar pemandangan Bukit Glodakan Wonogiri yang diambil dari drone. (Istimewa/Youtube Anggara W. Prasetya)

Solopos.com, WONOGIRI — Bukit Glodakan Wonogiri, Jawa Tengah bisa menjadi salah satu daya tarik wisata yang menawarkan keindahan matahari terbit di antara deretan pegunungan.

Bukit Glodakan berada di Jl. Gamping, Bendokerep, Kelurahan Giriwono, Kecamatan Wonogiri, Kabupaten Wonogiri. Anda harus menempuh perjalanan sekitar satu jam dari Kota Solo dengan mengendarai sepeda motor.

Promosi Acara Gathering Perkuat Kolaborasi Bank Sampah Binaan Pegadaian di Kota Padang

Hasil penelusuran Solopos.com di mesin pencarian Google, belum banyak orang mengulas Bukit Glodakan Wonogiri. Tetapi, rata-rata orang yang pernah mendaki bukit tersebut menyebut Bukit Glodakan Wonogiri memiliki spot sunrise atau matahari terbit yang indah.

Baca Juga : Kahyangan Wonogiri, Wisata Religi Tempat Semedi Panembahan Senopati

Seperti disampaikan salah satu Youtuber sekaligus Solo traveler dari Kota Solo, Jawa Tengah, Anggara W. Prasetya. Dia sempat mengulas Bukit Glodakan Wonogiri dan mengunggah pada channel Youtube Anggara W. Prasetya pada 11 Maret 2022.

Video perjalanannya mengeksplorasi Bukit Glodakan Wonogiri berjudul Spot Sunrise Wonogiri, Bukit Glodakan yang Tersembunyi. Video perjalannya itu ditonton 1.275 kali hingga Jumat (8/4/2022).

“Saya akhirnya mulai mendaki Bukit Glodakan yang ada di Kabupaten Wonogiri, Jawa Tengah. Bukit Glodakan ini masih belum banyak diketahui orang dan jadi spot sunrise [matahari terbit] yang keren,” kata Youtuber yang doyan mengulik tempat wisata seputar Soloraya.

Baca Juga : Pura Puncak Jagad Spiritual Wonogiri, Tempat Ibadah Sekaligus Wisata

Anggara mendaki Bukit Glodakan Wonogiri tiga kali. Pendakian kali pertama didampingi warga setempat, kedua bersama rekannya, dan terakhir sendirian. Orang yang sudah pernah mendaki Bukit Glodakan bisa mencapai puncak dalam waktu 5-6 menit saja. “Jalan ke puncak Glodakan, orang sini sepuluh menit. Paling pol [lama] 30 menit,” tutur dia.

bukit glodakan wonogiri
Tangkapan layar warga setempat menunjukkan jalur mendaki Bukit Glodakan Wonogiri saat memandu Youtuber Anggara W. Prasetya. (Istimewa/Youtube Anggara W. Prasetya)

Akses Pendakian

Jalan menuju puncak Bukit Glodakan Wonogiri tertutup semak sehingga Anda harus berhati-hati saat mendaki. Apabila belum mengenal jalur pendakian Bukit Glodakan, disarankan meminta bantuan warga setempat sebagai pemandu.

Perjalanan menuju puncak Bukit Glodakan Wonogiri terbayar saat melihat barisan gunung, seperti Gunung Lawu, Pegunungan Gajah Mungkur, Gunung Gandul, Gunung Tretes, dan Gunung Kukusan. Tak hanya itu, Anda dapat melihat pemandangan Wonogiri Kota, Bendungan Waduk Gajah Mungkur, dan Sungai Bengawan Solo mengular.

Baca Juga : Gunung Cumbri, Sarat Tempat Spiritual di Tapal Batas Jateng-Jatim

“Pemandangan Gunung Lawu saat cerah enggak ada penghalang sama sekali. Matahari terbit sangat indah di sini. Pemandangan Wonogiri. Mau camping di sini juga bisa. Tapi jalan setapak tertutup semak. Semoga lekas dibuka. Alhamdulillah nemu satu lagi tempat indah di Wonogiri,” ungkap dia.

Batuan di Bukit Glodakan Wonogiri didominasi andesit sehingga tidak licin. Namun, Anda tetap harus berhati-hati saat mendaki maupun turun dari puncak. Pada pendakian pertama, Angga mengajak salah seorang lelaki mengaku sebagai anggota karang taruna setempat, Yono.

Baca Juga : Belum Kelar, Gunung Kotak Kepuhsari Wonogiri Sudah Ramai Pengunjung

Dia menyebut Bukit Glodakan Wonogiri pernah akan dibangun menjadi objek wisata, tetapi urung dilakukan karena pandemi. “Setahun ini waktu pandemi 2021. Dulu jalan bagus, kelihatan. Di sini bisa memandang matahari terbit. Kalau tak ada awan, gunung-gunung kelihatan semua. Kalau sore, juga kelihatan matahari terbenam. Sejuk, walaupun kelihatan panas tapi semilir anginnya mantap buat santai,” tutur Yono.

Jadi, berminat menaklukkan Bukit Glodakan Wonogiri? Ajak bestie kamu ya. Jangan lupa, tetap hati-hati dan jaga kebersihan lingkungan selama mendaki Bukit Glodakan Wonogiri.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya