SOLOPOS.COM - Hotel Kendedes, Jl. Garuda Mas No.11, Gonilan, Kecamatan Kartasura, Kabupaten Sukoharjo. (Solopos.com/ Tiara Surya Madani).

Solopos.com, SUKOHARJO — Perayaan Muktamar ke-48 Muhammadiyah dan Aisyiyah di Solo memberikan dampak positif bagi hotel karena penggembira yang datang membutuhkan tempat untuk menginap dan beristirahat.

Salah satu penginapan yang berlokasi di barat Euditorium Universitas Muhammadiyah Surakarta, Hotel Kendedes mengaku telah menerima booking-an sebanyak 34 kamar oleh tamu penggembira.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Asisten Owner Hotel Kendedes, Arisal Dwi Putra, mengaku telah menerima pemesanan sejak Agustus. “Booking-nya kurang lebih tiga bulan yang lalu,” kata Arisal.

Dalam rangka menyambut para penggembira, pihaknya mempersiapkan sebanyak 34 kamar hotel yang telah dibersihkan serta dicat ulang.

Serta pengkondisian keadaan hotel untuk persiapan menyambut para tamu penggembira, serta 10 karyawan yang siap membantu para penggembira.

Baca juga: Fasilitas di Sekitar Lokasi Muktamar Muhammadiyah: Restoran hingga Hotel Mewah

Sebanyak 34 kamar hotel telah dipesan oleh para penggembira yang akan datang merayakan Muktamar ke-48 Muhammadiyah dan Aisyiyah di Solo melalui aplikasi. Arisal mengatakan, pemesanan tersebut terhitung tanggal 17-20 November 2022.

“Kamarnya ada yang room twin, deluxe, dan standard,” lannjutnya.

Harga kamar yang dipesan oleh penggembira kurang lebih Rp500.000. Namun, Arisal mengatakan harga tersebut bisa jadi berbeda sesuai dengan akun pemilik aplikasi yang digunakan untuk memesan.

“Harga naik saat Muktamar, tergantung aplikasinya. Tiap akun beda harga, namun rata-rata Rp500.000,” lanjut Arisal.

Ia mengatakan, pemesanan sebanyak 34 kamar tersebut dilakukan oleh satu akun. “Itu rombongan, sudah 3 bulan yang lalu,” lanjut Arisal.

Baca juga: Muktamar Muhammadiyah Solo 4 Hari Lagi, Ini Nomor Panitia jika Butuh Bantuan

Menjelang perayaan Muktamar ke-48 Muhammadiyah dan Aisyiyah di Solo, Arisal mengaku mengalami kenaikan omzet lebih dari 50%.

Penginapan lain di sekitar UMS, Hotel Multazam, telah menerima tamu dari pihak panitia Muktamar ke-48. Sebanyak 54 kamar di Hotel Multazzam, 42 di antaranya telah direservasi oleh panitia Muktamar.

Sales Eksekutif Hotel Multazam, Anik Nur Giati, mengatakan pemesanan tersebut dilakukan oleh panitia Muktamar yang ditujukan untuk tamu perempuan dari Aisyiyah.

“Untuk di Multazam memang sudah di-booking beberapa tahun lalu, saat perayaan Muktamar sempat dibatalkan karena pandemi. Hotel kami diploting untuk peserta dari panitia Muktamar, bukan penggembira. Kami diplotingnya untuk ibu-ibu Aisyiyah,” kata Anik.

Tipe kamar yang dipesan tersebut beraneka ragam mulai dari jenis superior, deluxe, executive, dan precident suits.

Baca juga: Forum Ambulans Muhammadiyah Jateng Siagakan 100 Armada di Muktamar Muhammadiyah

Anik mengatakan, tanggal pemesanan oleh panitia Muktamar ke-48 Muhammadiyah dan Aisyiyah di Solo beraneka ragam. Ada yang mulai menginap pada Kamis (17/11/2022), ada juga rombongan dengan kapasitas banyak yang menginap pada Jumat (18/11/2022).

“Namun semuanya checkout di tanggal 21,” lanjut Anik. Fasilitas di luar pembiayaan panitia Muktamar yang diberikan oleh Hotel Multazzam adalah loundry dan home service.

“Fasilitas yang diminta tamu, di luar pembiayaan panitia, dari panitia meminta tagihannya langsung diberikan pada tamu,” lanjut Anik.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya