SOLOPOS.COM - Sosiawan Leak (JIBI/Solopos/Dok.)

SOSIAWAN LEAK--Sosiawan Leak (berdiri) tampil bersama kelompok musik Atisejati membawakan puisi saat tampil di Balai Soedjatmoko Jl Slamet Riyadi, Solo, Rabu (16/11/2011) malam. (JIBI/SOLOPOS/Dwi Prasetya)

(Solopos.com)-Andai semua orang menanam cinta di dadanya tak akan mengalir gemuruh dendam yang melibas segala kebijakan tetapi tidak..tetapi tidak..!

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Petikan puisi Sosiawan Leak berjudul Makna Cinta ini mengalun rancak dalam balutan musik akustik, Rabu (16/11/2011) malam, di Balai Soedjatmoko.

Kala itu, Kelompok Musik Puisi Atisejati seolah mengajak pengunjung untuk mencermati makna cinta yang kini mulai hilang dari hati manusia.  “Di alam duniawi sekarang, sulit mencari makna cinta. Apa sih cinta itu? Sekarang cinta identik dengan nafsu,” ucap Sosiawan Leak, vokalis yang juga pembesut gitar rythm Atisejati seusai bernyanyi.

Diiringi petikan musik akustik, puisi yang dibuat Leak awal tahun 2000 itu menjadi lebih nyaman dicerna. Vokal Leak dan Latree Manohara yang ditimpali permainan melodi gitar Adith dan betotan bass Loeloex membuat puisi itu menemukan dimensinya tersendiri.

Sementara dalam puisi Mimpi Padi, Atisejati menyitir kondisi pertanian di Indonesia yang sarat masalah. Kepedulian terhadap kondisi sosial juga tak lupa disuarakan Atisejati melalui Tentara Langit. Dalam puisi itu, Atisejati menggugat kelompok yang suka main onar atas nama agama.

Tentara langit, menyandra Tuhan atas nama kemanusiaan. Menculik nabi, mencuci otaknya demi kebenaran pribadi, hentak Atisejati yang performanya malam itu dibumbui video art besutan Pendy dan Udin UPW.

Dipaparkan Leak, Atisejati sengaja mengonsep puisi menjadi musikal agar lebih mudah dicerna.  Sementara seorang pengunjung, Ramdhan, 25, menilai musik Atisejati sarat makna filosofis. “Saat ini, jarang sekali grup musik yang mampu menghasilkan lirik berbobot. Padahal musik bisa menjadi media perenungan yang indah.”

(Chrisna Chanis Cara)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya