SOLOPOS.COM - Lukisan Nyi Roro Kidul (ilustrasi/Bisnis)

Solopos.com, SOLO — Baru-baru ini warga Soloraya dihebohkan dengan kabar tentang lukisan perempuan cantik dengan memakai kebaya di Sragen yang disebut punya aura mistis.

Hingga kini pemilik lukisan, Yatman, 49, warga Dukuh Singget RT 004A, Sigit, Tangen, Sragen, belum mengetahui siapa nama perempuan misterius itu.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Yatman saat dihubungi Solopos.com, Minggu (31/10/2021), menyampaikan lukisan itu memang dulu pernah hendak dibeli orang tetapi saya belum boleh. Dia mengatakan masa lukisan bagus cuma ditawar Rp700.000.

“Intinya lukisan itu belum dimaharkan. Nah, anehnya sering kejadian. Kalau ada orang yang melihat lukisan itu sering ketakutan,” ujarnya.

Baca Juga: Aura Mistis Lukisan Wanita Cantik Berkebaya di Sragen Bikin Merinding

Lukisan itu diambil dari temannya Yatman. Sebenarnya masih ada satu lukisan lagi di tempat temannya itu tetapi sudah rusak atau mungkin hilang. “Kata teman yang lukisan Kanjeng Ratu Kidul sudah rusak atau mungkin hilang karena tidak dirawat,” ujarnya.

Memang lukisan dibuat oleh seniman biasanya dengan penuh rasa hingga nampak mengagumkan dan memiliki nilai seni. Tak hanya di Sragen, beberapa lukisan yang disebut juga memiliki aura mistis juga ada di tempat lain.

Lukisan punya kesan mistis karena gambaran objeknya mungkin sangat misterius, hingga memberi kesan menyeramkan bagi orang yang melihatnya.

Merangkum dari beberapa sumber, berikut sederet lukisan fenomenal yang mengandung sisi misterius dari berbagai belahan dunia.

Baca Juga: Menguak Sejarah Sriwijaya di Balik Penemuan Harta Karun di Indonesia

1. Lukisan The Scream

Lukisan yang cukup populer ini merupakan karya seorang Edvard Munch. The Scream yang artinya jeritan, konon bisa membuat orang yang memandangnya akan diteror oleh sosok mengerikan.

Di sisi lain, lukisan yang memiliki dominasi warna merah dan penampakan sosok berwajah lonjong ini juga terkesan menakutkan, karena efek dari garis lengkung dan padu padan warna yang mampu menimbulkan efek mistis.

2. Prabu Siliwangi

Prabu Siliwangi merupakan salah satu tokoh masa lalu Indonesia yang hidup pada zaman kerajaan. Sosoknya diabadikan lewat sebuah lukisan yang kini disimpan di Kraton Kesepuhan Cirebon.

Prabu Siliwangi dilukis bersama harimau putih yang nampak gagah. Sisi misterius lukisan Prabu Siliwangi konon akan terasa jika melihatnya sambil berjalan, karena akan terasa seperti Prabu Siliwangi terus mengawasi. Selain itu, banyak pengunjung yang memoto lukisan ini, tapi hasilnya selalu gelap.

3. Lukisan The Crying Boy

Lukisan ini menggambarkan seorang anak kecil laki-laki yang menangis. Lukisan dianggap misterius setelah kejadian museum terbakar, tapi lukisan The Crying Boy tidak terbakar sedikit pun, padahal semua lukisan yang ada di sekelilingnya habis terbakar.

Sejak peristiwa kebakaran itulah orang-orang yang memandang lukisan karya Giovanni Bragolin tersebut akan mengalami nasib buruk.

Baca Juga: PMI di Malaysia Tidak Digaji 12 Tahun, Alasan Majikan Bikin Geregetan

4. Lukisan Oey Hui Lan

Lukisan berwarna hitam-putih ini memang terlihat menyeramkan karena ada sosok wanita mengenakan berpakaian putih panjang dengan rambut tergerai panjang. Lukisan milik Oey Hui Lan konon bisa menghantui orang-orang yang memandangi matanya.

5. Lukisan Nyi Roro Kidul

Lukisan wanita yang diyakini sebagai penguasa laut selatan Pulau Jawa tersebut, juga dikabarkan memiliki sisi misterius, yang bisa membuat siapapun yang memandangnya seakan bisa merasakan kehadiran sang ratu.

Konon, jika ditatap selama 15 menit, orang tersebut dapat merasakan kehadiran Nyi Roro Kidul, melihat sekelebat kain berwarna hijau, hingga mendengar suara ombak.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya