Berat Badan Tentukan Risiko Terkena Flu, Ini Penjelasannya

Sebenarnya, orang-orang dari semua kelompok umur sama-sama punya risiko terkena flu.
Berat Badan Tentukan Risiko Terkena Flu, Ini Penjelasannya
SOLOPOS.COM - Ilustrasi orang terkena flu. (Freepik)

Solopos.com, SOLO-Berat badan Anda bukan hanya mempengaruhi ukuran pakaian semata, melainkan juga bisa tentukan tingkat risiko terkena flu. Penyakit ini sangat mudah menular terutama di musim pancaroba atau peralihan musim.

Sebenarnya, orang-orang dari semua kelompok umur sama-sama punya risiko terkena flu. Namun tingkat keparahan dan rawat inap banyak terjadi pada mereka yang menderita kondisi autoimun dan obesitas. Bahkan orang di ambang obesitas bisa terkena flu parah di musim ini dan alasannya adalah kelebihan lemak yang tersimpan di dalam tubuh.

Sebenarnya lemak dalam tubuh tidak buruk bagi kesehatan jika proporsional, namun jika berlebihan bisa tingkatkan risiko terkena flu. Hal ini karena terlalu banyak lemak dapat melemahkan sistem kekebalan dan membuat Anda lebih rentan terhadap infeksi musiman seperti flu.

Baca Juga: Reaksi Wanita Ini Saat Dijodohkan dengan Tetangganya Viral di TikTok

Orang gemuk dan kelebihan berat badan tidak hanya mengembangkan gejala yang parah tetapi juga lebih mungkin menyebarkan infeksi ke orang lain yang melakukan kontak dengan mereka. Infeksi virus ditularkan ke orang lain ketika orang yang terinfeksi melepaskan patogen saat berbicara, bersin atau batuk. Bahkan ketika mereka tidak menunjukkan gejala apa pun, mereka dapat mentransfer patogen ke orang lain. Seluruh proses ini dikenal sebagai pelepasan virus. Tingkat shedding lebih tinggi pada awal infeksi virus. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa orang gemuk melepaskan virus untuk waktu yang lebih lama dibandingkan dengan orang yang sehat dan dalam jumlah yang lebih banyak. Itu berarti mereka yang ada di sekitar mereka lebih rentan terinfeksi.

Satu-satunya cara untuk melindungi diri sendiri adalah dengan mengambil beberapa tindakan yang sehat. Mengambil tindakan pencegahan bahkan lebih penting saat ini ketika kita masih memiliki ketakutan akan infeksi Covid-19, yang mungkin akan bertambah buruk di musim dingin. Berikut beberapa hal yang harus Anda lakukan agar tetap sehat.

Berikut ini sejumlah cara untuk turunkan risiko terkena flu seperti dikutip dari Bisnis.com, Minggu (26/9/2021):

Baca Juga: Bukan Hanya Alga, Bahan Pangan Ini Diprediksi Jadi Makanan Masa Depan Manusia

1. Ikuti kebiasaan kebersihan yang sehat

Cuci tangan dengan sabun dan air dan gunakan tisu saat batuk dan bersin. Ini adalah beberapa kebiasaan kebersihan dasar yang harus diikuti setiap orang.

2. Makan sehat

Sangat penting bagi orang gemuk dan kelebihan berat badan untuk kehilangan lemak ekstra dan menjadi bugar untuk tetap hidup lama tanpa penyakit. Kurangi makanan olahan dan sertakan diet yang lebih seimbang dalam rutinitas harian Anda.

Baca Juga: Sering Minum Multivitamin Setiap Hari? Waspadai Efeknya

3. Olahraga

Cobalah untuk tetap aktif secara fisik, baik Anda melakukannya dengan pergi ke gym atau melakukan latihan ringan di rumah. Sertakan kedua latihan latihan kekuatan kardio untuk membakar lemak.

4. Dapatkan suntikan flu

Lebih baik mendapatkan suntikan flu tahunan sebelumnya untuk mengurangi risiko infeksi parah. Hal ini diperlukan untuk semua.

 

Berita Terkait
    Promo & Events
    Berita Terkini
    Indeks Berita

    Apa yang ingin anda baca?

    :
    :
    Night Mode
    Notifications
    Support
    Privacy
    PasswordUpdated 15 days ago