SOLOPOS.COM - Para pemulung menerima bantuan beras dari Ketua DPR Puan Maharani di TPA sampah di Desa Mojorejo, Bendosari, Sukoharjo, Sabtu (15/1/2022). (Solopos-R. Bony Eko Wicaksono)

Solopos.com, SUKOHARJO – Seratusan pemulung dan petugas pengambil sampah keliling di Sukoharjo menerima bantuan beras dari Ketua DPR RI yang juga politikus PDIP, Puan Maharani. Bantuan beras premium itu disalurkan kepada warga terdampak pandemi Covid-19 yang tersebar di 12 kecamatan.

Kabupaten Sukoharjo mendapatkan bantuan beras dari Puan Maharani sebanyak 12.000 paket premium atau sekitar 60 ton. Satu paket beras premium seberat lima kilogram. Bantuan beras premium itu disalurkan melalui anggota Fraksi PDIP DPRD Sukoharjo di masing-masing daerah pemilihan (dapil).

Promosi Pegadaian Resmikan Masjid Al Hikmah Pekanbaru Wujud Kepedulian Tempat Ibadah

Kini, bantuan beras itu mulai disalurkan kepada warga tidak mampu yang terdampak pandemi Covid-19. “Target sasaran penerima bantuan beras dari Mbak Puan yakni warga tidak mampu. Misalnya, pemulung di tempat pembuangan akhir (TPA) sampah di Desa Mojorejo, Kecamatan Bendosari,” kata Sekretaris DPC PDIP Sukoharjo, Nurjayanto, saat berbincang dengan wartawan, Sabtu (15/1/2022).

Baca juga: Serapan Tenaga Kerja Penyandang Disabilitas di Sukoharjo Masih Minim

Di TPA Mojorejo, terdapat seratusan pemulung yang mengais rezeki dari mengumpulkan sampah bekas yang bisa didaur ulang. Mereka saban hari bekerja di lokasi tersebut demi menyambung hidup. Selain para pemulung, bantuan beras juga didistribusikan kepada warga terdampak pandemi Covid-19 lainnya di wilayah Bendosari.

“Total bantuan beras yang disalurkan kepada warga kurang mampu di wilayah Bendosari sebanyak 675 paket. Kami sudah memiliki database warga kurang mampu penerima bantuan beras. Pendistribusian bantuan beras dilakukan selama beberapa hari lantaran jumlahnya cukup banyak,” ujar dia.

Rehab Rumah Tak Layak Huni

Anggota DPRD Sukoharjo itu menyebut Puan Maharani memberikan perhatian besar terhadap warga terdampak pandemi Covid-19 di Sukoharjo. Sebelumnya, Puan menggelorkan ribuan paket sembako pada 2021.

Baca juga: DLH Sukoharjo Soroti Kurang Optimalnya TPS 3R Sampah di Kecamatan

Selain itu, beberapa unit rumah tidak layak huni (RTLH) direhab untuk meningkatkan derajat kesehatan masyarakat. “Justru Mbak Puan yang paling banyak memberikan bantuan kepada warga kurang mampu sejak munculnya pandemi Covid-19,” klaim dia.

Kegiatan serupa juga dilakukan anggota Fraksi PDIP DPRD Sukoharjo lainnya, Parwanto Mulyo Saputro. Bantuan beras itu didistribusikan kepada puluhan petugas pengambil sampah keliling di Desa Makamhaji, Kecamatan Kartasura. Mereka merupakan kelompok pekerja yang berandil dalam menjaga kebersihan lingkungan permukiman penduduk.

Bantuan beras itu juga disalurkan kepada para pengayuh becak dan komunitas pegiat seni dan budaya yang terdampak pandemi Covid-19. “Khusus wilayah Kartasura, total jumlah bantuan beras yang disalurkan sebanyak 575 paket. Saya menargetkan penyaluran bantuan beras rampung pada pekan ini,” kata Parwanto.

Baca juga: Masih Ada Pengembang Belum Serahkan PSU Perumahan ke Pemkab Sukoharjo

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya