SOLOPOS.COM - Penataan stok beras di Gudang Bulog Sub Divisi Regional Malang-Pasuruan, Selasa (19/5/2015). (JIBI/Solopos/Antara/Ari Bowo Sucipto)

Beras Bulog DIY dijamin berkualitas baik

Harianjogja.com, JOGJA-Perum Badan Urusan Logistik (Bulog) akan memusnahkan beras yang mutunya jelek. Bulog Divre DIY optimistis beras di gudang-gudang Bulog Divre DIY kualitasnya bagus.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Kepala Bulog Divre DIY Langgeng Wisnu Adi Nugroho mengatakan, pernyataan akan memusnahkan beras berkualitas jelek merupakan pernyataan dari Perum Bulog. Ia mengaku, tidak mengetahui gudang-gudang Bulog mana saja  yang dimaksud dalam pernyataan tersebut.

“Saya yakin DIY tidak termasuk. Beras di DIY dijamin fresh semua,” ujar dia, Jumat (26/6/2015).

Ia mengungkapkan, hasil serapan beras dari musim panen pertama di 2015 akan langsung didistribusikan untuk raskin pada 2015. Untuk itu, ia berani menjamin kualitas beras di gudang Bulog Divre DIY tiap tahun akan meningkat. Ia mengungkapkan, Bulog Divre DIY telah melakukan evaluasi terhadap kualitas raskin. Menurutnya, feedback dari masyarakat sangat positif dan menilai kualitas raskin baik.

Saat ini, stok beras yang ada di gudang Bulog Divre DIY sekitar 21.000 ton. “Semuanya akan didistribusikan tahun ini,” imbuh dia.

Stok tersebut merupakan serapan beras dari musim panen pertama karena panen musim kedua belum dimulai.  Beras tersebut akan didistribusikan untuk raskin setiap bulan sebanyak 4.325 ton. Jika dihitung, stok yang ada saat ini bisa digunakan untuk distribusi raskin dalam tiga bulan.

Setelah stok disalurkan, maka akan dilanjutkan dengan serapan beras dari musim panen kedua. Tahun ini, Bulog Divre DIY menargetkan bisa menyerap 45.000 ton beras petani. Jika dibandingkan 2014, target yang dipasang lebih rendah 5.000 ton. Pasalnya, jika dilihat dari serapan tahu lalu target tahun ini sudah lebih. Tahun lalu, dari target 50.000 ton, jumlah yang terserap 32.000 ton.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya