SOLOPOS.COM - Ilustrasi haji (Freepik)

Solopos.com, SOLO — Kantor Kementerian Agama atau Kemenag Solo, Jawa Tengah masih menunggu kuota haji 2022 dari pemerintah pusat.

Ada sekitar 510 jemaah calon haji yang tertunda keberangkatan ke tanah suci pada tahun lalu. Kasi Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kantor Kemenag Solo, Suyono, menjelaskan kuota dari Arab Saudi bakal dirilis melalui pemerintah pusat.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Selanjutnya, pemerintah pusat akan merilis kuota haji 2022 kepada Kantor Wilayah Kemenag Jateng. Kemudian, lanjut dia, diteruskan ke Kantor Kemenag kota/kabupaten. “Kami masih menunggu kuota yang diberikan Arab Saudi berapa,” kata dia, Senin (11/4/2022).

Baca Juga : Ini 5 Negara dengan Kuota Haji Terbesar, Indonesia Nomor Wahid

Dia mengatakan ada lebih kurang 510 jemaah calon haji yang tertunda keberangkatan pada 2021. “Nanti ada vaksinasi miningitis dan vaksin booster Covid-19 diperuntukkan jemaah calon haji. [Itu] sebagai syarat,” paparnya.

Menurut dia, Kantor Kemenag Solo dibantu Dinas Kesehatan Kota Solo terkait pelayanan vaksinasi. Adapun Arab Saudi resmi mengumumkan penyelenggaraan haji 1443 H dengan jumlah jemaah 1 juta orang, Sabtu (9/4/2022). Pengumuman tersebut diterbitkan melalui surat Menteri Haji dan Umrah Arab Saudi.

Baca Juga : Ini Daftar Antrean Haji 2022, Terlama 46 Tahun dan Tercepat 9 Tahun

Haji tahun ini terbuka untuk mereka yang berusia di bawah 65 tahun dan telah menerima vaksinasi lengkap Covid-19 yang disetujui Kementerian Kesehatan Saudi. Jemaah yang berasal dari luar Kerajaan, wajib menyerahkan hasil tes PCR negatif Covid-19 yang dilakukan dalam waktu 72 jam sebelum keberangkatan ke Arab Saudi.

Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah, Hilman Latief, menjelaskan kepastian keberangkatan jemaah dari luar Saudi telah membuka simpul persiapan penyelenggaraan yang selama ini terus dilakukan. “Ini kabar gembira. Kepastian kuota ini akan segera kami tindak lanjuti dengan finalisasi sejumlah langkah taktis yang telah dilakukan,” kata dia melalui laman resmi Kemenag. “Persiapan layanan baik di dalam negeri maupun di Arab Saudi akan segera difinalkan,” tambahnya.

Baca Juga : Syarat dan Cara Daftar Haji Tahun 2022, Cek di Sini

Menurut Hilman, waktu yang tersedia tidak banyak sehingga perlu bekerja cepat dalam merampungkan persiapan. Termasuk, terkait teknis pemilihan jemaah berhak berangkat sesuai ketentuan Arab Saudi dan pembinaan manasik bagi mereka. “Kami akan bergerak cepat untuk melakukan persiapan. Biaya haji juga akan segera kita finalisasi dengan Komisi VIII DPR,” paparnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya