SOLOPOS.COM - ilustrasi berjalan kaki (Freepik)

Solopos.com, SOLO-Selama ini ada anggapan bahwa jumlah langkah ideal setiap hari adalah 10.000 langkah. Benarkah 10.000 langkah ideal untuk menjaga tubuh tetap bugar dan sehat?

Simak ulasannya di tips kesehatan kali ini. Jumlah langkah yang kita ambil penting, dan kita harus memastikan itu tidak hanya memiliki manfaat, tetapi juga dapat dicapai.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Beberapa penelitian memang menunjukkan bahwa 10.000 langkah dapat bermanfaat bagi sebagian orang karena dapat meningkatkan kesehatan jantung dan mental, serta menurunkan risiko diabetes.

Namun, kenyataannya angka itu sebenarnya tidak perlu bagi kebanyakan orang, karena tidak ada bukti nyata bahwa lebih banyak langkah membawa lebih banyak manfaat bagi kesehatan.

Baca Juga: Seberapa Penting Berjalan 10.000 Langkah Per Hari?

Jadi, jika Anda tidak dapat mencapai target harian tersebut, jangan berkecil hati, karena angka yang jauh lebih rendah dapat bermanfaat bagi Anda. Terlebih lagi, 10.000 langkah sehari adalah tujuan yang sangat besar, dan tidak banyak orang yang bisa atau punya waktu untuk mencapainya. Jika Anda terus-menerus gagal mencapainya, kemungkinan besar hal itu akan berdampak negatif pada Anda pada tingkat psikologis dan membuat Anda putus asa.

Untuk membuktikan penelitian ini, sebuah tugas diberikan kepada remaja Inggris untuk mencapai suatu tujuan kegiatan tertentu. Awalnya, mereka menikmatinya, tetapi kemudian mereka mulai mengeluh bahwa itu terlalu sulit untuk diselesaikan dan motivasi mereka turun. Menurut I-Min Lee
10.000 langkah telah menjadi target default untuk orang-orang dan alat pelacak kebugaran, tetapi bahkan berjalan sesedikit 4.400 langkah sehari sangat bermanfaat.

Dalam studinya, Lee meneliti sejumlah besar wanita berusia antara 62 dan 101 tahun. Mereka diberi akselerometer yang dipasang di pinggul yang akan melacak pergerakan mereka setidaknya selama sepuluh jam per hari, dalam rentang empat hingga tujuh hari antara 2011 dan 2015.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa angka kematian pada wanita yang berjalan sekitar 4.400 langkah sehari menurun 41%, dibandingkan mereka yang hanya mencapai 2.700 langkah sehari. Sedangkan wanita yang berjalan 7.500 langkah sehari mengalami penurunan angka kematian sebesar 65%.

Baca Juga: Jepang Bakal Larang Penggunaan Sendok Plastik, Ini Alasannya

Ini membuktikan bahwa mengambil langkah yang lebih sedikit daripada tujuan default masih baik bagi kondisi tubuh, dan seharusnya membuatnya sedikit kurang menantang untuk dicapai juga. Dan mengetahui bahwa sedikit berjalan kaki belum tentu hal yang buruk dapat memberikan efek psikologis yang positif pada orang-orang.

Penelitian ini memiliki beberapa keterbatasan. Ini tidak memberi tahu kita berapa banyak langkah yang perlu kita ambil untuk meningkatkan kualitas hidup kita atau mencegah masalah kognitif atau fisik. Benarkah 10.000 langkah merupakan jumlah langkah ideal?

Gunakan tangga alih-alih pakai lift (ilustrasi/Freepik)
Gunakan tangga alih-alih pakai lift (ilustrasi/Freepik)

“Hal-hal kecil itu secara kolektif bertambah. Jangan terintimidasi atau mudah terbujuk oleh angka 10.000,” kata  Lee seperti dikutip dari Liputan6.com, Senin (22/3/2021).

Baca Juga: Dulu Disayang, Kini Dayana Ditendang

Berikut adalah gambaran besar fakta yang ditemukan Lee:

- Menghitung langkah bisa terasa tidak terlalu membebani dan lebih bisa dilakukan daripada mengukur latihan tepat waktu.
- Intensitas tidak penting, setiap langkah penting.
- Jika hidup Anda tidak banyak bergerak, Anda harus mempertimbangkan untuk menambahkan 2.000 langkah lagi sehingga Anda setidaknya dapat mencapai 4.400 langkah setiap hari. Tentu saja, Anda tidak harus melakukan semuanya sekaligus, sebagai gantinya, cobalah mengambil langkah tambahan jika memungkinkan.

Beberapa saran lain dari Lee:

- Gunakan tangga alih-alih lift. Parkirlah di ruang kosong pertama yang Anda lihat, bukan yang paling dekat dengan pintu masuk.
- Turun dari bus satu halte sebelum tujuan Anda.
- Di rumah, hentikan tugas. Lakukan lebih dari satu perjalanan untuk membawa hidangan makan malam ke dapur atau toko bahan makanan dari mobil Anda.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya