Berapa Jam Waktu Puasa di Berbagai Negara?
Solopos.com|news

Berapa Jam Waktu Puasa di Berbagai Negara?

Selama bulan suci Ramadan, umat Islam di berbagai belahan dunia menjalani ibadah puasa dengan durasi atau lama waktu yang berbeda-beda. Ini berdasarkan letak wilayah mereka.

Solopos.com, ANKARA  – Selama bulan suci Ramadan, umat Islam di berbagai belahan dunia menjalani ibadah puasa dengan durasi atau lama waktu yang berbeda-beda. Ini berdasarkan letak wilayah mereka.

Ramadan kali ini, yang bertepatan dengan musim semi di belahan bumi utara dan musim gugur di belahan bumi selatan, membuat jam puasa bervariasi sesuai dengan panjang jam siang hari di berbagai lokasi. Menurut situs web Direktorat Urusan Agama Turki, pada hari pertama bulan suci, umat Islam di Kota Murmansk, Rusia, akan berpuasa selama 16 jam dan 53 menit. Mereka yang tinggal di Tromso, Norwegia, akan berpuasa selama 16 jam dan 52 menit. Kota Ushuaia di Argentina akan menjalani selama 12 jam dan 12 menit.

Muslim yang tinggal di kota-kota di garis lintang utara akan berpuasa lebih lama daripada di selatan. Di Ibu Kota Norwegia, Oslo, durasi pada hari pertama Ramadan adalah 16 jam enam menit. Di negara tetangganya, Swedia, kaum muslim berpuasa tiga menit lebih pendek.

Sementara Moskow, Rusia dan Kopenhagen, Denmark, memiliki durasi puasa yang sama yaitu 15 jam 45 menit. Di Ibu Kota Jerman, Berlin,  waktu puasa 15 jam dan 32 menit. Di London,  Inggris, durasi puasa mencapai 15 jam 28 menit, sedangkan di Paris, Prancis, 15 jam dan 19 menit. Durasi puasa pada hari pertama di Toronto, Kanada adalah 15 jam 10 menit sementara di Roma, Italia, mencapai 15 jam dua menit.

Muslim di ibu kota Yunani, Athena, akan berpuasa selama 14 jam dan 46 menit. Warga Ibu Kota Iran, Teheran, akan berpuasa selama 14 jam dan 37 menit. Ibu Kota Amerika Serikat, Washington, D.C. memiliki durasi puasa 15 jam 14 menit. Muslimin di Ibu Kota Korea Selatan, Seoul, waktu puasanya 14 jam dan 44 menit.

Belahan Bumi Selatan Lebih Cepat

Ibu kota Lebanon, Beirut, dan Ibu Kota Pakistan, Islamabad, memiliki durasi puasa yang sama yaitu 14 jam 31 menit. Ibu Kota Irak, Baghdad, hanya satu menit lebih pendek. Muslim di Jerusalem akan berpuasa selama 14 jam 28 menit. Warga Ibu Kota Mesir, Kairo, berpuasa selama 14 jam 20 menit. Warga di Ibu Kota India, New Delhi, berpuasa14 jam 16 menit.

Ibu Kota Arab Saudi, Riyadh, memiliki durasi puasa 14 jam enam menit. Ibu Kota Ethiopia, Addis Ababa, 13 jam 36 menit, dan Ibu Kota Kenya, Nairobi, 13 jam 22 menit.

Sementara itu, warga muslim di Kota Rio de Janeiro, Brasil, akan berpuasa selama 12 jam 59 menit. Mereka yang berada di Cape Town, Afrika Selatan, dan Buenos Aires di Argentina akan menahan diri untuk makan dan minum selama 12 jam dan 49 menit.



Berita Terkait
Indeks Berita
Promo & Events
Terpopuler

Espos Premium
Berita Terkini
Indeks

Apa yang ingin anda baca?

:
:
Night Mode
Notifications
Support
Privacy
PasswordUpdated 15 days ago