SOLOPOS.COM - Gaji ideal untuk hidup di Jakarta bisa dilihat dari biaya kebutuhan hidup di Jakarta. (Ilustrasi/Freepik)

Solopos.com, SOLO – Mungkin ada yang ingin tahu berapa gaji ideal untuk hidup di Jakarta mengingat ibu kota masih menjadi magnet yang menarik untuk membangun karier dan mencari kehidupan yang lebih baik.

Kenaikan gaji di Indonesia diperkirakan pulih ke level sebelum pandemi pada 2022 menyusul pulihnya ekonomi dan pengusaha menambah tenaga kerja.

Promosi Sistem E-Katalog Terbaru LKPP Meluncur, Bisa Lacak Pengiriman dan Pembayaran

Hal tersebut diungkapkan dalam hasil survei perusahaan sumber daya manusia Mercer. kenaikan gaji rata-rata diperkirakan mencapai 6,5 persen pada 2022, jauh di atas tahun ini yang mencapai 5,3 persen namun masih sedikit di bawah 6,9 persen pada 2019.

Survei tersebut dilakukan terhadap 533 organisasi. Hasil survei Indonesia juga mengalahkan rata-rata negara Asia-Pasifik sebesar 5,4 persen.

“Pemulihan lapangan kerja semakin cepat dengan dibukanya kembali kegiatan ekonomi dan sosial, dan masa depan pasar kerja Indonesia terlihat cerah,” kata ungkap Manajer Produk Karir Mercer Yosef Budiman, seperti dilansir Bisnis dari Bloomberg, Selasa (22/12/2021).

Seperti diketahui, Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta telah menetapkan upah minimum provinsi (UMP) DKI Jakarta tahun 2022 naik 5,1% menjadi Rp4.641.854 per bulan.

Baca Juga: Fantastis! Ini Gaji CPNS Pemprov DKI Jakarta Setelah Diangkat

Untuk mengetahui berapa gaji yang ideal untuk hidup di Jakarta, sebaiknya kita lihat juga berapa biaya hidup di Jakarta. Berikut gambaran biaya kebutuahan-kebutuhan untuk hidup di Jakarta seperti dirangkum dari berbagai sumber,  Sabtu (11/6/2022):

Tempat Tinggal

Hal utama dan paling penting untuk dipertimbangkan ketika akan tinggal di kota baru adalah tempat tinggal. Bagi Anda yang memiliki rencana untuk menetap di Jakarta, ada beberapa pilihan bentuk tempat tinggal, seperti kost, apartemen, maupun rumah.

Jika Anda merupakan mahasiswa atau seorang pekerja rantau, kost adalah pilihan yang tepat, sebab biayanya tidak akan semahal jika Anda menyewa apartemen atau bahkan rumah. Biaya kost yang perlu dikeluarkan per bulannya berkisar antara Rp1 juta hingga Rp2 juta tergantung dari lokasi dan fasilitas yang diberikan.

Jika Anda merupakan keluarga yang memiliki rencana untuk menetap di Jakarta, Anda bisa mempertimbangkan untuk menyewa sebuah apartemen atau rumah. Biaya untuk menyewa sebuah apartemen berkisar antara Rp3 kuta hingga Rp10 Juta, sedangkan untuk menyewa/mengontrak rumah, biaya yang dibutuhkan mulai dari Rp15 juta per tahun.

Transportasi

Transportasi merupakan fasilitas yang diperlukan untuk menunjang mobilitas seseorang yang ingin tinggal di ibu kota.  Jika Anda memilih untuk menggunakan moda transportasi umum, Anda tidak perlu khawatir akan biaya yang membengkak.

MRT memiliki tarif maksimal Rp14.000 untuk sekali jalan, sedangkan bus Transjakarta memiliki tarif Rp3.500 untuk sekali jalan.

Ada juga KAI Commuterline yang mencakup wilayah Jabodetabek yang bisa Anda gunakan dan memiliki tarif berkisar antara Rp3.000 hingga Rp7.000 tergantung dari tujuan yang dituju.

Baca Juga: Emoh Kembalikan Gaji, Suwarti akan Jalan Kaki ke Jakarta Ketemu Jokowi

Biaya Konsumsi

Biaya untuk hidup di Jakarta yang sangat perlu diperhitungkan selanjutny adalah biasa konsumsi. Biaya konsumi atau makan sehari-hari di Jakarta sebenarnya tergantung dari gaya hidup seseorang.

Jika Anda merupakan orang yang tidak suka makan makanan di rumah makan, maka Anda mungkin membutuhkan Rp10.000 hingga Rp20.000 untuk satu kali makan. Beda halnya jika Anda sering makan di tempat seperti mal atau rumah makan besar lainnya, mungkin Anda bisa menghabiskan Rp50.000 untuk satu kali makan.

Belanja Bulanan

Selanjutnya biaya hidup di Jakarta yang juga perlu diperhitungkan adalah belanja bulanan seperti sabun, pasta gigi, makanan ringan, dan lain-lain. Untuk kebutuhan pokok lainnya, Anda bisa membelinya di supermarket ataupun minimarket terdekat. Anda membutuhkan Rp300.000 hingga Rp400.000 per bulannya untuk membeli kebutuhan bulanan, jika Anda hidup sendiri.

Baca Juga: Fantastis! Ini Gaji CPNS Pemprov DKI Jakarta Setelah Diangkat

Hiburan dan Gaya Hidup

Tinggal atau hidup di Jakarta biasanya sangat keras dan penuh tekanan, untuk itu biaya hiburan perlu juga diperhitungkan.  Hiburan diperlukan untuk melepas penat dan stres selama seharian bekerja maupun kuliah.

Jika Anda ingin menonton film di bioskop, Anda akan merogoh kocek Rp40.000 hingga Rp50.000 untuk satu filmnya. Selain itu, Anda bisa mengunjungi berbagai museum maupun tempat wisata lainnya yang ada di Jakarta yang membutuhkan biaya tak sedikit tentunya.

Belum lagi bagi mereka yang suka nongkrong di kafe, kedai kopi, belanja di mal, dan lainnya. Biaya ini bisa membengkak, karena Jakarta punya beragam fasilitas hiburan yang menggoda . Jadi, kalau Anda tidak bisa mengendalikan diri, gaji Rp10 juta lebih pun kemungkinan tidak cukup.

Berdasarkan penjelasan di atas, Anda bisa memperkirakan kira-kira berapa gaji ideal  untuk hidup di Jakarta. Namun semua kembali ke setiap individu.  Jika Anda memiliki gaya hidup yang hemat dan bisa mengurus finansial dengan baik, gaji di bawah Rp10 juta bisa lebih dari cukup.

 



 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya