SOLOPOS.COM - Menteri Pemuda dan Olahraga Zainudin Amali memberikan keterangan kepada wartawan seusai menghadiri upacara pengukuhan pasukan pengibar bendera untuk upacara peringatan HUT RI ke-77 di Istana Merdeka, Jakarta, Senin (15/8/2022). (ANTARA/Mentari Dwi Gayati)

Solopos.com, JAKARTA—Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali mengaku baru akan memulai pembicaraan mengenai opsi pemberian bonus untuk Timnas Indonesia U-16 yang pekan lalu berhasil menjuarai Piala AFF U-16 2022.

Dikutip dari laman PSSI, sejauh ini bonus kepada Timnas U-16 diberikan oleh PSSI dan beberapa pihak senilai total Rp1,385 miliar. Sekjen PSSI Yunus Nusi mengatakan bonus tersebut adalah bentuk apresiasi PSSI kepada pemain. Total bonus kemungkinan bertambah.

Promosi Gonta Ganti Pelatih Timnas Bukan Solusi, PSSI!

“Nanti akan kita bicarakan,” kata Menpora singkat saat ditanya wartawan mengenai hal itu di lingkungan Istana Kepresidenan Jakarta, Senin (15/8/2022), seusai menghadiri upacara pengukuhan pasukan pengibar bendera pusaka HUT ke-77 Kemerdekaan RI, dilansir dari Antara.

Baca Juga: Juara Piala AFF U-16, Timnas Indonesia U-16 akan Bertemu Jokowi

Menpora juga mengaku belum tahu apakah Presiden Joko Widodo (Jokowi) berencana memberikan bonus kepada penggawa Timnas U-16 atas prestasi di Piala AFF U-16 2022.

“Belum tahu. Tadi kita kan bicara paskibraka,” ujar Zainudin Amali lagi.

Menpora mengingatkan secara aturan pemerintah tidak mewajibkan pemberian bonus untuk prestasi yang ditorehkan di ajang-ajang olahraga tunggal.

Baca Juga: Jokowi Oke, Timnas U-16 akan Hadiri Upacara HUT RI di Istana Merdeka

“Kalau dalam aturannya untuk single-event kan tidak mesti. Yang mesti itu adalah multievent seperti Olimpiade, Asian Games, SEA Games, Paralimpiade, Asian Para Games, dan ASEAN Para Games seperti yang kemarin ya,” katanya.

Kendati demikian, Presiden Jokowi biasanya tetap memberikan bonus apabila ada kontingen olahraga Indonesia berhasil menjadi juara di turnamen-turnamen level Asia Tenggara.

Tiga tahun lalu misalnya, Presiden Jokowi menyampaikan bonus sebesar Rp200 juta untuk setiap pemain, pelatih, dan staf Timnas U-22 yang kala itu menjuarai Piala AFF U-22 2019. Kala itu Menpora Imam Nahrawi juga memberikan bonus masing-masing Rp65 juta kepada Timnas U-22.

Baca Juga: Dikritik Ikut Angkat Trofi Juara Piala AFF U-16, Ini Jawaban Menpora

Timnas U-16 Indonesia keluar sebagai juara Piala AFF U-16 2022 setelah mengalahkan Vietnam 1-0 dalam partai final di Stadion Maguwoharjo, Sleman, DI Yogyakarta, Jumat (12/8). Sang kapten Muhammad Iqbal Gwijangge juga menerima penghargaan sebagai pemain terbaik turnamen.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya