Tutup
Scroll untuk melanjutkan membaca

Berapa Biaya Balik Nama Sepeda Motor 2022? Siapkan Dana Segini...

Membeli sepeda motor bekas dari orang lain memang perlu dibalik nama. Namun berapa kira-kira biaya balik nama motor 2022?
SHARE
Berapa Biaya Balik Nama Sepeda Motor 2022? Siapkan Dana Segini...
SOLOPOS.COM - Cara balik nama motor Anda bisa datang ke Kantor Samsat membawa berkas persyaratan. (Wuling.id)

Solopos.com, SOLO — Membeli sepeda motor seken atau motor bekas dari orang lain memang perlu balik nama kendaraan. Namun berapa kira-kira biaya balik nama motor 2022?

Sepeda motor menjadi alat transportasi yang diminati masyarakat, apalagi jika bekerja di kota besar yang sering terjadi kepadatan arus lalu lintas.

PromosiRekomendasi Merek Jeans Terbaik Pria & Wanita, Murah Banget!

Hanya saja ketika hendak membeli sepeda motor baru, terkadang dana yang ada tidak mencukupi. Sehingga motor bekas menjadi pilihan.

Karena membeli sepeda motor bekas pakai orang lain, otomatis kepemilikan yang tertera di Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) dan Bukti Kepemilikan Kendaraan Bermotor (BPKB) adalah pemilik lama.

Sehingga ketika hendak membayar pajak tahunan kendaraan bermotor atau perpanjangan STNK harus pinjam KTP pemilik yang lama. Tentu ini merepotkan.

Baca juga: Isi Bensin Full Tank Apakah Bahaya? Ternyata Begini Jawabannya

Biar tidak repot maka balik nama jadi pilihan. Berapa biaya balik nama motor 2022. Tentu ada rinciannya karena ada beberapa biaya yang harus dibayarkan.

Namun sebelum membayar biaya balik nama motor Anda, ada baiknya menyiapkan dokumen yang dibutuhkan dalam pengurusan balak nama.

Menurut Kasatlantas Polres Grobogan AKP Sri Martini melalui Kanit Regident Polres Grobogan Ipda Sandi Widayanto pemohon harus menyiapkan, KTP asli dan fotokopi pemilik baru.

BPKB asli dan fotokopi, STNK asli dan fotokopi, bukti jual beli kendaraan, bisa berupa kwitansi pembayaran, dan bukti cek fisik kendaraan.

Baca juga: Beli Kendaraan Bekas, Begini Cara Balik Nama Motor

Sedang biaya balik nama motor 2022, rinciannya dikutip dinaspendapatan.com, biaya balik nama motor 2022 di Jateng, adalah 2/3 atau dua pertiga dari pajak kendaraan bermotor (PKB).

Kemudian membayar biaya pembuatan STNK Rp100.000, biaya pembuatan BPKB Rp225.000, dan biaya asuransi Sumbangan Wajib Dana Kecelekaaan Lalu Lintas Jalan (SWDKLLJ) Rp35.000.

Biaya lainnya adalah pajak tahunan sepeda motor (bisa dilihat di STNK), biaya pembuatan Tanda Nomor Kendaraan Bermorot (TNKB) Rp60.000.

Biaya yang disebutkan belum mencakup keseluruhan administrasi. Karena masih ada biaya lain seperti cek fisik kendaraan dan pendaftaran.

 



Berita Terkait
Indeks Berita
Berita Terpopular
Indeks Berita
Berita Lainnya
Indeks Berita
      Promo & Events
      Berita Terkini
      Indeks Berita
      Part of Solopos.com
      Punya akun? Silahkan login
      Daftar sekarang...
      Support - FaQ
      Privacy Policy
      Tentang Kami
      Kontak Kami
      Night Mode