Tutup
Scroll untuk melanjutkan membaca

Beragam Karya Inovatif Berwawasan Lingkungan Muncul di AHM Best Student 2022

SHARE
Beragam Karya Inovatif Berwawasan Lingkungan Muncul di AHM Best Student 2022
SOLOPOS.COM - Sekar Ayu, penerima apresiasi Level Gold AHM Best Student 2022 di kategori invensi sedang memaparkan produk pengering biji kopi bertenaga surya kepada tim juri di tingkat seleksi nasional. (Istimewa)

Solopos.com, JAKARTA – PT Astra Honda Motor (AHM) memberikan penghargaan bagi siswa SMA multitalenta terbaik. Penghargaan itu diberikan pada puncak gelaran Astra Honda Motor Best Student (AHM Best Student) 2022 yang berlangsung akhir pekan kemarin.

Pada ajang AHM Best Student 2022, ada beragam ide dan karya khas anak muda cerdas yang diusung dengan mengedepankan kepedulian terhadap isu lingkungan dan sosial di wilayahnya. Dengan begitu menghasilkan produk alternatif dari pemanfaatan limbah hingga energi terbarukan.

PromosiTokopedia Card Jadi Kartu Kredit Terbaik Versi The Asian Banker Awards 2022

AHM Best Student 2022 mengangkat tema Berkreasi Menebar Inspirasi. Ada 622 karya siswa SMA sederajat dari seluruh Indonesia yang diseleksi pada ajang itu. Terdapat dua kategori karya yang dinilai pada ajang tersebut, yakni ide dan invensi/temuan dengan topik Social Development Goals (SDG’s) atau tujuan pembangunan berkelanjutan, serta didukung keaktifan siswa dalam kegiatan sosial hingga non akademik.

Berdasarkan seleksi berjenjang hingga tingkat nasional, AHM memberikan apresiasi tertinggi level Gold untuk ide terbaik kepada Vania Halyadevi dari SMAN 3 Yogyakarta. Disebutkan, siswi tersebut berupaya meningkatkan kesehatan pada balita melalui ide pembuatan susu olahan dari biji kapuk yang berada di lingkungan sekitarnya.

Kemudian pada kategori invensi, ada Sekar Ayu Ramadhani dari SMAN 8 Malang, Jawa Timur yang berhasil meraih apresiasi tertinggi level Gold. Sekar menyajikan karya mesin pengering biji kopi dengan tenaga surya sebagai sumber energi penggerak sistem kerja mesin. Melalui pengembangan itu, kinerja mesin dapat memangkas waktu proses pengeringan menjadi hanya satu hari dari sebelumnya 14 hari menggunakan tenaga matahari secara langsung.

“Alhamdulillah saya berhasil meraih Level Gold pada AHM Best Student 2022. Terima kasih untuk dukungannya. Semoga karya saya ini dapat bermanfaat untuk petani kopi di daerah kabupaten Malang serta menjadi inspirasi bagi masyarakat Indonesia“ kata Sekar Ayu, dalam rilis, Senin (26/9/2022).

Baca Juga: Tempuh 120 Km, 35 Bikers Uji Ketangguhan Honda ADV 160 Libas Aneka Medan Jalan

Karya siswa SMA lainnya yang tak kalah menarik pada kategori ide ditunjukkan oleh Ni Luh Ade Sinta Dewi, wakil dari SMAN Bali Mandara, Buleleng, Bali. Dia meraih apresiasi level Silver. Ni Luh memiliki ide energi terbarukan berupa baterai dari limbah kegiatan upacara keagamaan di wilayahnya. Selain itu ada Nafiz Zayyan Humam, dari MAN 2 Kota Bogor, Jawa Barat yang berhasil meraih level Bronze setelah mengangkat ide pemanfaatan biomas sawit sebagai bahan pembuatan semikonduktor.

Pada kategori invensi, ada Lu’lu’a Fauzia Nurdin, siswa SMAN 1 Kaliwungu, Kendal, Jawa Tengah yang berhasil meraih apresiasi level Silver dengan mengusung tema kesehatan berupa temuannya berupa beras analog dari umbi porang dan tulang sotong.

Pada level Bronze, ada Ardi, dari SMKN 1 Suak Tapeh, Banyuasin, Sumatera Selatan dengan karya pemanfaatan lemak sapi menjadi cairan biodesel, sabun batang dan cair dengan pemanfaatan alat rumah tangga sederhana.

Penyampaian apresiasi dan penghargaan dilakukan pada acara Seminar Inspirasi dan Penghargaan AHM Best Student 2022 yang dihadiri lebih dari 16.107 orang secara virtual. Kegiatan tersebut dimeriahkan oleh tamu yang inspiratif bagi anak muda yaitu Andi Gilang, pebalap Astra Honda Racing Team (AHRT) dan Bintang Emon yang merupakan stand up comedian dan content creator Indonesia.

Baca Juga: Kisah Bambang Surono Boyolali, Dulang Populer karena Mirip Mendiang Didi Kempot

Sementara itu Ahmad Muhibbuddin, General Manager Coporate Communication AHM, mengatakan penyelengaraan AHM Best Student hingga dua dekade ini merupakan bukti konsistensi perusahaan dalam menggali potensi SDM unggul berkarakter khas anak muda di Tanah Air. Dengan tema kegiatan Care, Creative & Confident, perusahaan berusaha mengelaborasi sekaligus mengapresiasi karya-karya anak muda yang diharapkan dapat memberikan inspirasi dalam berkontribusi terhadap masyarakat dan lingkungannya.

“Kami terus menantang para siswa berpikir kritis dan kreatif sehingga menghasilkan karya yang mampu menjawab isu-isu sosial dan lingkungan yang ada. Kami melihat beragam ide dan temuan dari siswa SMA menarik untuk dikembangkan lebih lanjut melalui penyempurnaan sesuai standar yang berlaku. Apresiasi tinggi kami sampaikan bagi seluruh peserta yang telah mengatur waktu di tengah kesibukan studi untuk terus berkarya dan berprestasi,” kata Muhib dalam rilis tersebut.

Event AHM Best Student tahun ini dibuka sejak 11 Mei 2022 hingga 31 Juli 2022. Proses seleksi dilakukan secara berjenjang di level regional melalui jaringan Main Dealer sepeda motor Honda di seluruh Indonesia. Dari tingkat regional, sebanyak 22 karya dari 79 karya yang masuk di level nasional dan dinilai oleh dewan juri profesional di bidangnya. Di antaranya ada Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas) Kemendikbudristek, akademisi seperti dosen PPM School of Management dan London School of Public Relations dan juga juri dari kalangan praktisi. Karya-karya terbaik AHM Best Student 2022 mendapatkan apresiasi beasiswa pendidikan dengan total sebesar Rp 72 juta.

Tahun ini, siswa dapat mengikuti kompetisi pada dua kategori. Kategori ide merupakan karya yang masih berada dalam tahapan konsep yang diwujudkan dalam bentuk prototype atau purwarupa dan memiliki potensi dampak dan manfaat saat penerapannya. Sementara itu, kategori invensi merupakan karya yang sudah dimanfaatkan oleh kelompok tertentu dan minimal sudah diuji oleh pihak berkompeten atau mendapatkan pengakuan manfaat serta memiliki identitas produk yang memberikan dampak terukur.

Baca Juga: Cetak SDM Unggul Bidang Hulu Migas, Ini yang Dilakukan PHE dan STP

Wadahi Kreativitas Alumni

Selama dua dekade, AHMBS telah diikuti oleh 1.284 orang yang kini memiliki beragam profesi baik itu sebagai karyawan, wiraswasta, dosen hingga dokter. Tahun ini, sebanyak empat alumni AHM Best Student yang bergerak di bidang kewirusahaan mendapatkan dukungan dana pengembangan UMKM dengan total nilai Rp100 juta. Bantuan itu akan terus bergulir bagi para alumni lainnya sesuai dengan kriteria.

Di gelaran spesial ke-20, AHM juga mengukuhkan forum alumni yang tergabung di Sahabat AHM Best Student sebagai ruang untuk berkolaborasi dan sekaligus sarana komunikasi dan berjejaring dalam menapaki masa depan.

“AHM Best Student telah membuka wawasan hidup, mengasah kepercayaan diri dan meningkatkan kepekaan terhadap lingkungan. AHMBS wadah yang tepat untuk berkreasi dan menginspirasi generasi penerus melalui kreasi yang positif sekaligus melakukan networking dengan teman seusia dari seluruh Indonesia,” ungkap Gracia Paramitha, alumni tahun 2006, yang memiliki profesi sebagai akademisi di salah satu perguruan tinggi bergengsi di Jakarta.

AHMBS mendapatkan dukungan penuh dari mitra yang bersinergi seperti Yayasan Astra Honda Motor, FIF Group, PT  Hitachi Astemo Bekasi Manufacturing; PT Musashi Auto Parts Indonesia; PT Suryaraya Rubberindo Industries dan PT Yutaka Manufacturing Indonesia.  Ajang bergengsi itu ditutup dengan berbagai apresiasi seperti Best School untuk tiga sekolah terpilih, Peserta AHMBS Favorit, Best Main Dealer bagi tiga jaringan sepeda motor Honda penyelenggara program regional terbaik dan juga beragam hadiah seperti doorprize, giveaway dan lucky voter dengan total lebih dari Rp14 juta.



Berita Terkait
Indeks Berita
Berita Terpopular
Indeks Berita
Berita Lainnya
Indeks Berita
      Promo & Events
      Berita Terkini
      Indeks Berita
      Part of Solopos.com
      Punya akun? Silahkan login
      Daftar sekarang...
      Support - FaQ
      Privacy Policy
      Tentang Kami
      Kontak Kami
      Night Mode