SOLOPOS.COM - Kompleks Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat di Kota Solo. (Solopos/Nicolous Irawan)

Solopos.com, SOLO — Apakah taman air Tamansari yang berada di Keraton Solo, Jawa Tengah, bisa dikunjungi masyarakat umum?

Taman air yang bernama Tamansari Bandengan ini berlokasi di dalam Keraton Solo, tepatnya di barat Sasana Narendra atau Ndalem Nganjrah Sari dan timur replika Gunung Meru. Sebagai informasi, Gunung Meru  ini digunakan sebagai tempat Paku Buwana dan keluarganya berlindung diri jika sewaktu-waktu diserang oleh musuh.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Baca Juga: Kamu Bisa Dapat Mobil Daihatsu Rocky Seharga Rp120.000, Kok Bisa?

Berdasarkan informasi yang diperoleh Solopos.com dari unggahan pengelola akun Instagram @lampaubercerita, Tamansari Bandengan ini dibangun pada 1750.

Adapun taman air ini berbentuk persegi panjang dengan kolam air di tengahnya. Di tengahnya berdiri bangunan kokoh yang disebut Balekambang. Sementara itu, di area sekitar ini jug terdapat taman yang bernama Balaretna.

Baca Juga: Resep Bestik Khas Solo, Makanan Favorit Bhre Mangkunagoro X

Bangunan di Tamansari Bandengan Solo ini berfungsi sebagai tempat raja ata keluarga inti untuk melakukan meditasi.

Baca Juga: Jadwal Puasa Ayyamul Bidh Maret 2022 Beserta Lafal Niatnya

“SSDISKS Paku Buwana (PB) XIII sebelum naik tahta menjadi Raja Surakarta pernah mendapat pengalaman spiritual di sini dengan beberapa kejadian non-ilmiah, hingga ketika diceritakan kepada Sawargi Sinuhun PB XII, beliau terkejut bahwa itu bukan fenomena biasa. Cerita lain yang terjadi di sini,” ungkap pengelola akun Instagram @lampaubercerita dalam unggahannya.

Sayangnya, Tamansari Bandengan ini tak bisa diakses oleh umum. Hanya keluarga raja, abdi dalem maupun orang yang diizinkan pihak keraton, yang bisa masuk ke area ini.  Hal ini berbeda dengan Tamansari Yogyakarta yanng bisa dikunjungi oleh masyarakat. Bahkan, Tamansari Yogyakarta menjadi salah satu destinasi wisata yang wajib dikunjungi saat ke Kota Gudeg.

Baca Juga: Bagaimana Hukum Pawang Hujan dalam Islam?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya