SOLOPOS.COM - Ekspresi Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo saat mencicipi Emplek Emplek Jagung khas Desa Jrahi (Instagram/@ganjar_pranowo)

Solopos.com, SOLO — Organisasi yang mengatasnamakan Patriot Ganjar Pranowo (Pagar) akan deklarasi menyatakan sikap dukung mereka kepada Ganjar Pranowo sebagai calon presiden (capres) 2024, Sabtu (16/10/2021), di Resto Atap Langit Semarang.

Yang menarik, anggota organisasi Pagar diklaim banyak dari kalangan sukarelawan Joko Widodo (Jokowi) pada Pemilu Presiden 2019 lalu. Hal itu disampaikan Sekjen DPP Pagar, Edward Simanungkalit, saat wawancara dengan Solopos.com via ponsel, Selasa (12/10/2021).

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Awalnya kami itu adalah berasal dari relawan Jokowi. Ketika tahun 2019 Pak Jokowi dilantik jadi Presiden untuk periode kedua, kami berpikir siapa nanti gantinya tahun 2024. Sebab ini periode terakhir, tidak mungkin lagi ada kesempatan,” ujarnya.

Baca Juga: Ogah Terjebak Narasi Banteng Vs Celeng, Gibran Fokus Pemulihan Ekonomi

Menyadari Jokowi segera mengakhiri masa jabatannya, menurut Edward, para sukarelawan Jokowi mulai berpikir siapa figur pengganti yang cocok. Saat itu muncul nama Ganjar Pranowo yang dinilai punya potensi untuk melanjutkan program dari Jokowi.

“Setelah mempelajari, mengevaluasi, jatuh lah pilihan kepada Pak Ganjar. Makanya setelah kita pilih Pak Ganjar, kita sudah siap dengan itu, kita dirikan Pagar pada 13 Mei 2020. Jadi ada prosesnya itu Pak, kami mempelajari, menganalisis,” katanya.

Disinggung dari elemen sukarelawan Jokowi mana yang tergabung di Pagar, Edward tidak memerincinya. Ia hanya menyebut banyak elemen sukarelawan Jokowi yang bergabung dalam ormas yang akan deklarasi dukung Ganjar tersebut.

Baca Juga: Soal Banteng Vs Celeng, Gibran: Memange Aku Celeng?

Rapat Koordinasi Daerah

Bahkan mereka berasal dari berbagai daerah di Tanah Air. “Rata-rata dari relawan Jokowi, bermacam-macam. Dari berbagai organ. Banyak yang asalnya dari organ mana-mana datang bersama kita. Mereka melihat figur ini yang cocok menggantikan Jokowi. Beliau lah penerus Jokowi, begitu,” terangnya.

Lebih jauh, Edward menjelaskan sebenarnya acara deklarasi pada Sabtu besok tidak semata pernyataan sikap dukung kepada Ganjar Pranowo. Acara yang akan digeber dalam sehari itu juga untuk rapat koordinasi daerah dan rakerda Pagar di Jateng.

Baca Juga: Sebut Banteng Celengan, Rudy Sindir Kader PDIP Yang Hanya Mikir Duit

Kegiatan itu akan dihadiri perwakilan dari berbagai daerah di Tanah Air seperti dari Jawa Timur, Jogja, dan Jawa Barat. “Nanti puncak acaranya pernyataan sikap dukung Ganjar Pranowo. Nanti saya yang akan memimpin pernyataan sikap,” urainya.

Edward menerangkan sebelumnya pernyataan sikap Pagar yang mendukung Ganjar Pranowo juga pernah dilakukan Ketua Umum Pagar, Lenny Herlina, di Solo pada 23 Mei 2021. “Isinya [pernyataan sikap] saya yang akan menyampaikan,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya