SOLOPOS.COM - Ilustrasi bentrokan di Masjid Al Aqsa, Palestina (english.palinfo.com)

Bentrokan terjadi antara tentara Israel dan orang Palestina setelah Salat Jumat.

Solopos.com, GAZA – Bentrokan antara warga Palestina dengan tentara Israel tak terhindarkan, Jumat (2/3/2018). Perselisihan yang terjadi di Tepi Barat Sungai Jordan dan Jalur Gaza tersebut meletus seusai warga Palestina menjalankan ibadah Salat Jumat.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Bentrokan terjadi sebagai jawaban atas seruan dari Pemerintah Nasional Palestina dan lembaga agama Islam untuk mempertimbangkan Jumat sebagai “hari kemurkaan” terhadap pengumuman Presiden AS Donald Trump bahwa kota suci Yerusalem adalah ibu kota Israel.

Beberapa saksi mata mengatakan bentrokan sengit antara demonstran Palestina dan tentara Israel meletus di Desa Belien sebelah utara Ramallah di Tepi Barat, demikian laporan Xinhua -yang dipantau Antara di Jakarta, Sabtu (3/3/2018) pagi.

Orang Palestina yang berunjukrasa melempari tentara Israel dengan batu, dan serdadu Yahudi membalas dengan menembakkan gas air mata dan peluru aktif.

Bentrokan serupa juga berkecamuk di beberapa kota kecil dan kota besar Tepi Barat, tempat tentara menggunakan tabung gas air mata, peluru karet dan peluru aktif untuk membubarkan demonstran.

Di Jalur Gaza, ratusan orang bergabung dalam unjuk-rasa yang diselenggarakan oleh Gerakan Perlawanan Islam (HAMAS), yang menyerukan peningkatan protes terhadap israel.

Beberapa saksi mata mengatakan puluhan demonstran Palestina bentrok dengan tentara Israel di dekat perbatasan antara bagian timur Jalur Gaza dan wilayah Israel. Tentara Yahudi menggunakan gas air mata dan peluru aktif terhadap demonstran.

Kementerian Kesehatan Palestina mengatakan di dalam pernyataan pers yang dikirim melalui surel sebanyak 16 orang Palestina cedera di Jalur Gaza dan tiga di Tepi Barat. Selain itu, puluhan orang lagi dirawat di lapangan setelah mereka menghirup gas air mata.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya