SOLOPOS.COM - Meningkatnya pengunjung ke Bendugnan Pidekos menjadi berkah bagi karang taruna desa setempat yang kini mengelola lahan parkir bendungan tersebut. (Solopos.com/Luthfi Shobri Marzuqi)

Solopos.com, WONOGIRI — Bendungan Pidekso di Kecamatan Giriwoyo, Kecamatan Wonogiri, menjadi magnet baru bagi wisatawan lokal maupun luar daerah. Telebih setelah diresmikan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada 28 Desember 2021 lalu.

Pada Jumat (7/1/2022) sore, jumlah kendaraan yang parkir di sekitar Bendungan Pidekso bertambah. Para remaja dan pemuda banyak terlihat memarkirkan sepeda motor mereka di lokasi yang tersedia.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Banyaknya pengunjung yang datang ke Bendungan Pidekos menjadi berkah tersendiri bagi warga sekitar, terutama Karan Taruna di dua dusun, yakni Cantel di Desa Pidekos dan Kandangan di Desa Tukulrejo. Mereka mendapatkan penghasilan tambahan dari mengelola lahan parkir.

Baca Juga: Penasaran, Masyarakat Wonogiri Ingin Bendungan Pidekso segera Dibuka

Ketua pengelola parkir pengunjung yang juga ketua Karang Taruna Dusun Cantel, Ciko Andrianto, mengaku membantu mengelola area parkir pengunjung sejak kedatangan Presiden Jokowi pada Selasa (28/12/2021).

bendungan pidekso wonogiri
Masyarakat berduyun-duyun mendatangi area Bendungan Pidekso yang belum dibuka untuk umum, Jumat (17/1/2022). (Solopos.com/Luthfi Shobri Marzuqi)

Didampingi anggota Karang Taruna Dusun Kandangan, Aris, Ciko menjelaskan pengelolaan parkir pengunjung Bendungan Pidekso mendapat dukungan dari Polsek, Babinsa, dan Satpol PP setempat. “Kalau enggak ada dukungan dari mereka, kami enggak berani,” kata Aris menambahkan.

Ada 15-20 pemuda yang turun mengelola parkir Bendungan Pidekso. Namun tidak semuanya dikerahkan dalamsatu waktu, namun bertugas menggunakan sistem sif. “Biasanya kami mulai setelah Zuhur sampai jam enam sore. Kalau pagi kami hanya terjunkan tiga orang karena sepi,” kata Ciko.

Baca Juga: Ada Waduk Pidekso, Petani Wonogiri Bisa Tanam Padi 3 Kali Setahun

Sekretaris Kecamatan Giriwoyo, Fuad Wahyu Pratama, mengatakan pengelolaan parkir kendaraan di pinggir jalan sekitar Bendungan Pidekso dimulai sejak bendungan itu diresmikan. Fuad membenarkan pengelolaan parkir dan keamanan di Bendungan Pidekso sepenuhnya dikoordinasi warga desa setempat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya