SOLOPOS.COM - Ilustrasi jalur longsor (Muhammad Irsyam Faiz/JIBI/Solopos)

Bencana longsor seolah menjadi agenda tahunan ketika musim hujan tiba.

Madiunpos.com, PONOROGO —Hujan deras menyebabkan tanah longsor menutupi sebagian ruas  jalan raya jurusan Ponorogo – Pacitan, tepatnya di Desa Broto Kecamatan Slahung, Ponorogo, Jumat (13/2/2015). Longsoran tanah meluber ke jalan raya dan membuat licin akses jalan raya tersebut.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Petugas dari Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Kabupaten Ponorogo berusaha menyingkirkan tanah longsoran gunung yang meluber ke badan jalan raya Ponorogo-Pacitan itu.

Upaya penyingkiran material timbunan tanah tersebut dilakukan agar pengendara yang lalu-lalang di jalur itu tak tergelincir karena lumpur dan kerikil longsoran.

Longsoran juga sempat menutup saluran air yang ada di pinggir jalan. Akibatnya, air di saluran mampat dan meluber ke jalan raya. Pengemudi yang lewat jalur itu harus mengurangi kecepatanya agar tidak tergelincir.

Menurut Yanto, 20, salah satu petugas DPU, proses pembersihan material longsor dilakukan secara manual yakni memakai alat cangkul dan serok. Meski tidak maksimal, namun  setidaknya bisa membuat bersih lokasi longsor dan aman untuk dilewati kendaraan.

“Kalo ada longsor, ya begini. Asal masih bisa pakai pacul, yo nggawe pacul, tapi yo lumayan sui,”. ujar Yanto saat ditemui Madiunpos.com, Jumat (13/2/2015).

Mereka berharap pengendara lebih berhati- hati dan mengurangi kecepatanya ketika melewati jalur tersebut. Pasalnya, jalur tersebut masih ada air yang menggenang jalan dan belum benar benar kering. Dikhawatirkan, kondisi itu membuat ban kendaraan tidak dapat mencengkram aspal dengan baik.

(Fuad Arrahman/JIBI/Solopos)

KLIK dan LIKE di sini untuk update informasi dan Madiun Raya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya