SOLOPOS.COM - Warga Klewor mengantre pemberian air bersih dari Bakorwil Surakarta (Oriza Vilosa/JIBI/Solopos)

Warga Klewor mengantre pemberian air bersih dari Bakorwil Surakarta (Oriza Vilosa/JIBI/Solopos)

Warga Klewor mengantre pemberian air bersih dari Bakorwil Surakarta (Oriza Vilosa/JIBI/Solopos)

Solopos.com, BOYOLALI — Ratusan warga di Dukuh Klencong, Desa Kemusu dan Dukuh Ngeksiharjo, Desa Klewor, Kecamatan Kemusu, Senin (16/9/2013), menerima bantuan air bersih. Mereka berbondong-bondong menyerbu mengingat air bersih menjadi barang langka di musim kemarau belakangan ini.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Berdasarkan pantauan Solopos.com, satu tangki kapasitas 5.000 liter air bersih didistribusikan petugas Bakorwil II Pemprov Jateng di Ngeksiharjo RT 004/RW 001, Klewor, mulai pukul 14.00 WIB.

“90 Kepala keluarga di sini kesulitan air. Sumber air dari sumur dekat Sungai Serang sudah surut dan tak lancar mengalirkan air ke tandon yang kami bangun secara swadaya,” terang Ketua RT 004, Aat Surya Atmaja, kepada Solopos.com, di sela-sela distribusi air.

Kesulitan mendapatkan air dari pipa saluran sumber tersebut dikatakannya berlangsung tiga bulan terakhir.
“Warga jadi memberi upah bagi yang ngangsu ke sana, Rp1000 setiap jerikennya. Sumur itu berada 100 meter dari Sungai Serang,” imbuhnya.

Sunarno, 70, warga lainnya, menerangkan, sudah ada Pamsimas di daerah itu. “Air Pamsimas tak sampai sini. Warga sudah memasang instalasi pipa, tapi jalannya air tak normal. Pamsimas hanya efektir untuk kampung Kleban dan Klewor RT 006,” tukasnya.

Berbeda halnya dengan warga kampung tetangga, daerah Kadus II Gumukrejo. Sunarno menyebut terdapat warga yang memiliki sumur pribadi di lokasi itu dan airnya lancar didistribusikan ke rumah-rumah tetangga.

Satu unit tangki, lanjut dia, juga mendistribusikan air bersih ke daerah Bengle dan Jatilawang, Kecamatan Wonosegoro.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya