SOLOPOS.COM - Ilustrasi Truk Tangki Air (Dok/JIBI/Solopos)

 Ilustrasi Truk Tangki Air (Dok/JIBI/Solopos)


Ilustrasi Truk Tangki Air (Dok/JIBI/Solopos)

Solopos.com, WONOGIRI  —  Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Giri Tirta Sari Wonogiri  memastikan ketersediaan air untuk memenuhi permintaan air bersih mencukupi.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Sumber air yang biasa digunakan, baik telaga, mata air, maupun instalasi pengolahan air (IPA), masih dalam kondisi aman.

Hal tersebut seperti diungkapkan Direktur PDAM Wonogiri, Sumarjo, saat ditemui wartawan di kompleks kantor Setda Wonogiri, Rabu (4/9/2013).

Ke depan, Sumarjo berharap ketersediaan air bersih bakal terus terkatrol dengan akan beroperasinya tiga IPA di Kecamatan Purwantoro, Wuryantoro, dan Nguntoronadi, akhir tahun ini.  Masing-masing IPA tersebut kelak akan menghasilkan air dengan debit 20 liter per detik.  Dengan asumsi 1 liter per detik bisa memenuhi kebutuhan 80-100 keluarga, berarti tiga IPA itu diperkirakan mengkaver kebutuhan sebanyak 5.000-6.000 keluarga.

“Masing-masing bisa menghasilkan 20 liter per detik air, jadi tiga IPA bisa 60 liter per detik. Banyak yang akan terbantu jika tiga IPA itu sudah beroperasi. Sekarang ini, kami sedang melakukan uji coba di IPA Wuryantoro dan Purwantoro,” terang Sumarjo.

Dia menambahkan menurut perkiraan sementara, tiga IPA tersebut bisa memenuhi kebutuhan air sebagian wilayah yang saat ini mengalami kekeringan. Seperti di beberapa desa di Kecamatan Manyaran dan Desa Biting, Kecamatan Purwantoro. Sedangkan, daerah yang lokasinya berada di dataran tinggi, diakui Sumarjo, kemungkinan besar belum terkaver.

Sebelumnya diberitakan, PDAM Giri Tirta Sari Wonogiri mulai menerima pesanan air bersih untuk mengatasi bencana kekeringan. Termasuk dari calon anggota legislatif (caleg). Sumarjo, Rabu, mengatakan pesanan air bersih dari caleg mulai diterima akhir Agustus lalu. Sebanyak lima tangki pun sudah dikirimkan ke lokasi korban kekeringan Kecamatan Giritontro saat itu juga.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya