SOLOPOS.COM - Ilustrasi kekeringan

Harian Jogja.com, KULONPROGO—Air bantuan untuk warga yang dilanda kekeringan tidak layak minum. Hal ini menyebabkan warga Dusun Beku, Desa Banjarharjo, Kecamatan Kalibawang, enggan mengajukan proposal permohonan bantuan air ke Pemkab Kulonprogo.

Kepala Dusun (Kadus) Beku, Suranto, menuturkan, tahun lalu dusunnya mengajukan permohonan bantuan air ke Pemkab. Namun saat bantuan disalurkan, air tidak layak minum. “Kondisi air yang kotor membuat kami hanya menggunakan air sekadar bersih-bersih dan tidak dikonsumsi,” ujarnya, Rabu (9/10/2013).

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Demi mencukupi kebutuhan, warga akhirnya memilih mencari air bersih sendiri sekalipun harus berjalan kaki cukup jauh. Warga mengambil air di sumber mata air Tosari di Desa Banjarasri, berjarak dua kilometer dari Dusun Beku. Sebagian warga  juga dapat membeli air seharga Rp70.000 dan memperoleh 28 jeriken dengan kapasitas 17 liter per jeriken.

Camat Kalibawang, Setiawan Tri Widada, mengungkapkan, ada 32 dusun di Kalibawang yang dilanda kekeringan, meliputi sembilan dusun di Banjaroya, lima dusun di Banjararum, enam dusun di Banjarasri, dan delapan dusun di Banjarharjo.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya