BENCANA KARANGANYAR : Tanggul Waduk Lalung Longsor, Air Merembes Keluar

SHARE
BENCANA KARANGANYAR : Tanggul Waduk Lalung Longsor, Air Merembes Keluar
SOLOPOS.COM - Kondisi tanggul sisi utara-barat Waduk Lalung, Karanganyar, yang longsor, Rabu (8/2/2017) siang. Tanggul itu longsor Selasa (7/2/2017) sore. (Kurniawan/JIBI/Solopos)

Bencana Karanganyar yakni longsor terjadi di tanggul Waduk Lalung.

Solopos.com, KARANGANYAR РTanggul Waduk Lalung, Karanganyar, longsor, Selasa (7/2/2017) sore. Tanah longsor dipicu hujan deras yang mengguyur kawasan setempat beberapa pekan terakhir.

PromosiTop! Bos Tokopedia Masuk List Most Extraordinary Women Business Leader

Pantauan solopos.com, Rabu (8/2/2017), tanggul yang longsor berada di sisi luar tanggul di sebelah utara waduk. Sejumlah petugas operasional waduk tampak memasang patok-patok batang bambu di area tanggul yang longsor. Patok-patok tersebut digunakan untuk mengaitkan terpal guna menututup tanggul yang longsor.

Air waduk terlihat merembes keluar melalui tanggul yang longsor. Tak jauh dari lokasi itu, berjarak sekitar 60 meter, ada bagian tanggul yang longsor pada 29 November 2016. Bagian itu sudah ditutup terpal.

Salah satu Petugas Operasional Waduk Lalung, Rohman, menuturkan di antara dua titik longsor itu juga pernah terjadi longsor. Bahkan longsor berulang hingga empat kali. Peristiwa itu seingat dia terjadi sekitar Februari 2016.

“Kalau yang longsor kemarin ini baru kita tangani. Untuk sementara penanganan darurat dulu. Kita pasangi patok-patok pakai bambu, dan kita tutup pakai terbal agar tak semakin parah,” ujar dia.

Rohman mengakui longsor tanggul Selasa sore membahayakan. Sehingga, kata dia, pihaknya mengurangi tekanan air waduk dengan membuka pintu air ke saluran pembuangan (irigasi).

Teprisah, Kepala Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Karanganyar, Edy Sriyatno, saat dihubungi melalui ponsel, Rabu, menyatakan segera melaporkan kejadian itu kepada penanggung jawab waduk. “Segera kami laporkan Balai Besar Wilayah Sungai Bengawan Solo [BBWSBS] supaya bisa langsung ditangani,” tutur dia.



Berita Terkait
Indeks Berita
Berita Terpopular
Indeks Berita
Berita Lainnya
Indeks Berita
Promo & Events
Berita Terkini
Indeks Berita

Apa yang ingin anda baca?

:
:
Night Mode
Notifications
Support
Privacy
PasswordUpdated 15 days ago