SOLOPOS.COM - Ilustrasi pohon tumbang. (JIBI/Solopos/Dok.)

Empat pohon tumbang akibat angin kencang.

Harianjogja.com, JOGJA–Empat pohon tumbang akibat hujan deras dan angin kencang di Kota Jogja pada Selasa (30/1/2018). Tiga dari pohon tersebut merupakan pohon perindang milik Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Jogja.
Kejadian itu dipastikan tidak memakan korban namun menyebabkan gangguan akses jalan.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Hujan deras disertai angin kencang terjadi di berbagai titik di Kota Jogja pagi hari kemarin. Akibatnya, pohon tumbang di Jl. Tamansiswa, Mergangsan, Jl. HOS Cokroaminoto, Wirobrajan, Jl. Langensari, Gondokusuman, Jl. C. Simanjuntak, Gondokusuman. Kasi Kedaruratan dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Jogja, Bayu Wijayanto mengatakan tidak ada korban luka akibat pohon yang bertumbangan itu.

“Nihil korban, langsung dilakukan tindakan oleh petugas dan warga setempat,” katanya ketika dikonfirmasi, Selasa (30/1/2018). Tiga dari pohon tersebut merupakan pohon perindang milik Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Jogja sedangkan satu pohon di Jl. HOS Cokroaminoto merupakan milik SMA 1 Yogyakarta. Pohon preh dengan diamater 140 sentimeter dan tinggi 16 meter itu ambruk menimpa pagar sekolah. Namun, segera dilakukan pemotongan oleh Tim Reaksi Cepat (TRC) BPBD Kota Jogja.

Selain itu, Bayu menjelaskan jika pohon jenis preh pula yang tumbang di ruas Jl. Tamansiswa dengan diameter 40 sentimeter dan tinggi lima meter itu sempat menutup akses jalan. Sedangkan pohon dengan diameter 1,5 meter dan 20 meter di Jl. Langensari tumbang sehingga merusak lampu taman dan kursi duduk di taman Embung Langensari.

Sementara pohon yang tumbang di ruas jalan C. Simanjuntak, Terban menyebabkan gangguan pada jaringan listrik PLN. Pohon berjenis pennisilium dengan diameter 50 sentimeter dan tinggi tujuh meter ini ditangani dengan kerja sama dari PLN.

Sebelumnya, ramung Haryanto, Kepala Seksi Pertamanan dan Perindang Jalan Dinas Lingkungan Hidup Kota Jogja mengatakan peningkatan pengawasan keliling dilakukan kepada sejumlah pohon perindang yang ada di ruas jalan padat kendaraan. Lokasi yang cukup menarik perhatian antara lain Jl. Sudirman, Jl. Suroto, Jl. DI Panjaitan, dan Jl. Abu Bakar Ali.
“Sekarang kami pantau karena pohonnya besar dan tinggi,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya