SOLOPOS.COM - Ilustrasi kekeringan. (JIBI/Solopos/Dok.)

Bencana kekeringan melanda beberapa daerah di wilayah Jawa Tengah (Jateng).

Semarangpos.com, SEMARANG – Musim kemarau 2017 membuat sejumlah wilayah di Jawa Tengah (Jateng) mengalami bencana kekeringan. Bencana kekeringan itu bahkan membuat enam daerah di Jateng menerapkan status siaga darurat kekeringan.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Kepala Pelaksana Harian (Kalakhar) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jateng, Sarwa Pramana, menyebutkan enam kabupaten dan kota yang menyatakan siaga darurat kekeringan itu bahkan sudah mengajukan permohonan bantuan kepada Pemprov Jateng. Keenam daerah di Jateng yang menyatakan siaga darurat kekeringan itu, antara lain Boyolali, Temanggung, Kebumen, Banjarnegara, dan Cilacap.

“Keenamnya sudah menyatakan siaga darurat kekeringan. Dari Pemprov pun segera mengeluarkan keputusan siaga darurat kekeringan untuk seluruh wilayah di Jateng,” ujar Sarwa saat dijumpai wartawan di sela-sela upacara HUT ke-72 RI di Lapangan Pancasila, kawasan Simpang Lima, Kota Semarang, Kamis (17/8/2017).

Guna mengatasi bencana kekeringan itu, pemerintah setempat telah melakukan berbagai upaya, salah satunya droping air bersih. Tercatat, saat ini sudah ada 12 kabupaten yang melakukan droping air bersih untuk menanggulangi bencana kekeringan di wilayah masing-masing.

“Untuk air bersih tiap-tiap kabupaten/kota sudah menyediakan stok. Selain itu, dari Pemprov Jateng juga menyediakan cadangan sekitar 3.000 tangki. Cadangan ini nantinya akan disalurkan ke pemerintah kabupaten/kota yang membutuhkan,” beber Sarwa.

Sarwa mengimbau kepada masyarakat agar tidak panik menghadapi kekeringan pada musim kemarau 2017 ini. Ia juga meminta masyarakat mengantisipasi bencana kekeringan dengan perilaku yang baik, seperti tidak membuang puntung rokok sembarang, membakar alang-alang di lahan kering, dan lain-lain demi mencegah timbulnya bencana kebakaran di Jateng.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya