SOLOPOS.COM - Ilustrasi mengantuk. (Freepik.com)

Solopos.com, SOLO-Benarkah sering mengantuk merupakan tanda diabetes?  Agar bisa membedakannya dengan gejala kurang tidur, simak ulasannya di info sehat kali ini.

Bagi tubuh, tidur sama pentingnya dengan makan dan minum. Sayangnya, banyak dari kita yang mengabaikan kualitas dan kuantitas tidur. Padahal, kunci bangun tidur yang segar adalah tidur yang lelap.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Kerugian yang didapat dari kurang tidur atau sering mengantuk adalah rentan melakukan kesalahan dalam pekerjaan atau aktivitas karena karena saat bangun tidur menjadi tidak segar, sehingga sulit berkonsentrasi. Selain itu, gangguan tidur juga berpotensi meningkatkan risiko seseorang terkena depresi dan gangguan cemas.

Lalu, bagaimana ciri sering mengantuk yang merupakan tanda diabetes? Selain mengantuk, penderita diabetes dapat memiliki berbagai tanda berikut seperti dikutip dari klikdokter.com pada Selasa (31/1/2023):

– Disertai gejala 3P. Penyandang diabetes umumnya menunjukkan gejala lain. Yakni, mudah lapar (polifagi), cepat haus (polidipsi) dan buang air kecil yang sering (poliuri).
– Adanya penurunan berat badan yang tidak dapat dijelaskan penyebabnya.
– Ada riwayat diabetes di keluarga. Seorang dengan riwayat diabetes di keluarga memiliki risiko yang lebih tinggi untuk mengalami diabetes.

Keluhan mengantuk pastinya mengganggu aktivitas sehari-hari. Berikut beberapa cara mengatasi ngantuk pada penderita diabetes:

– Pastikan gula darah Anda terkontrol. Mengontrol gula darah merupakan salah satu target utama untuk menangani diabetes. Kontrol gula darah yang baik akan menyebabkan penurunan berbagai keluhan yang dialami.
– Beraktivitas fisik secara aktif. Aktivitas fisik aktif merupakan cara penting menjaga kesehatan fisik dan mengontrol gula darah. Olahraga rutin juga dapat membuat tubuh terasa segar dan mengurangi rasa kantuk.
– Jaga kecukupan cairan. Pastikan bahwa Anda minum secara cukup. Kekurangan cairan dapat berdampak pada daya tahan tubuh Anda.

Sering mengantuk memang merupakan salah satu tanda penderita diabetes. Namun sebetulnya penyebab sering mengantuk ada banyak sekali, jadi Anda tidak perlu paranoid jika mengalami gejala tersebut.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya