Belum Sebulan, 84,5% Anak Solo Usia 6-11 Tahun Sudah Divaksin Covid-19

Pemkot Solo mencatat 84,5% dari total 57.000 anak sudah divaksin Covid-19 sejak program diluncurkan pada 21 Desember 2021 hingga Jumat (14/1/2022).
Belum Sebulan, 84,5% Anak Solo Usia 6-11 Tahun Sudah Divaksin Covid-19
SOLOPOS.COM - Sukarelawan memakai kostum superhero superman saat menemani siswa berusia 6-11 tahun yang mengikuti vaksinasi Covid-19 di SD Negeri Kleco I dan II, Solo, Selasa (21/12/2021). (Solopos/Nicolous Irawan)

Solopos.com, SOLO — Jumlah anak usia 6-11 tahun di Kota Solo yang sudah divaksin Covid-19 hingga Jumat (14/1/2022) sudah mencapai 84,5 persen dan total sasaran sebanyak 57.000 anak. Pemerintah Kota (Pemkot) Solo terus menggenjot vaksinasi tersebut agar selesai pada Februari mendatang.

PromosiRendahnya Kesadaran Wong Jateng untuk Pakai Helm Saat Berkendara

Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka, kepada wartawan di Loji Gandrung, Jumat, mengatakan capaian vaksinasi anak yang dimulai pada 21 Desember 2021 atau kurang dari sebulan lalu itu sudah mencapai 84,5 persen. “Ini jalan terus, sudah 84,5 persen,” ujarnya.

Gibran mengatakan vaksinasi anak usia enam hingga 11 tahun ditargetkan selesai dua dosis pada akhir Februari 2022. Menurutnya, rentang waktu pemberian vaksin dosis pertama dengan dosis kedua lebih aman empat pekan.

Baca Juga: Semangati Anak-Anak Ikut Vaksinasi, Gibran Gandeng Pemain Persis Solo

“Empat pekan [jarak vaksin dosis pertama ke kedua] lebih aman enggo cah cilik-cilik iki,” katanya. Putra sulung Presiden Joko Widodo (Jokowi) tersebut meminta seluruh warga dan anak Kota Solo untuk tenang menunggu giliran divaksin Covid-19.

Bulan imunisasi anak sekolah (BIAS) yang bersamaan vaksinasi Covid-19 untuk anak diakui Gibran sedikit banyak membuat vaksinasi Covid-19 menjadi lama. “Ini yang bikin lama karena BIAS. Karena harus ada jarak waktu,” katanya.

Baca Juga: DKK Solo: Waspadai Dampak Psikis Anak yang Ketakutan saat Divaksin

Semua Anak Dapat Vaksin

Ia berjanji akan memberikan vaksin kepada semua anak-anak di Solo. “Ditunggu saja pasti semua dapat [vaksin anak], pasti semua divaksin. Tenang aja, termasuk vaksin booster, tak golekke vaksine,” sambung Gibran.

Namun ia mengakui belum ada tambahan vaksin sejauh ini. Gibran tak memungkiri saat ini program vaksinasi mengandalkan stok dari pemerintah pusat. “Belum. Nanti, nanti. Nanti saya tak koordinasi dengan beberapa menteri,” terangnya.

Baca Juga: Hari Pertama, 4.832 Pelajar Solo Usia 6-11 Divaksin Covid-19

Kendati belum ada tambahan persediaan vaksin, Gibran meminta masyarakat untuk tetap tenang. “Santai. Nanti semua divaksin,” tegasnya. Terpisah, anggota Komisi IV DPRD Solo, Asih Sunjoto Putro, mendukung vaksinasi anak-anak.

Ia berharap vaksinasi tersebut segera selesai untuk memberikan kekebalan terhadap anak-anak menghadapi pembelajaran tatap muka (PTM). Apalagi saat ini varian Omicron Covid-19 belakangan sudah masuk ke Indonesia.


Berita Terkait
    Berita Lainnya
    Promo & Events
    Honda Motor Jateng
    Berita Terkini
    Indeks Berita

    Apa yang ingin anda baca?

    :
    :
    Night Mode
    Notifications
    Support
    Privacy
    PasswordUpdated 15 days ago