SOLOPOS.COM - Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka (kiri), bersamaTim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID), berbincang dengan pedagang saat mengecek harga kebutuhan pokok pada inspeksi mendadak (sidak) di pasar darurat Pasar Legi, Stabelan, Banjarsari, Solo, Kamis (6/5/2021).(Nicolous Irawan/Solopos)

Solopos.com, SOLO--Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka, belum memutuskan akan menjalankan Salat Idulfitri 2021 di mana. Di sisi lain, putra sulung Presiden Joko Widodo itu menegaskan tidak ada kegiatan open house pada Lebaran tahun ini.

“Open house? Tidak ada open house. Saya enggak ada open house juga,” ujar dia saat ditemui wartawan di Kompleks Balai Kota Solo, Sabtu (8/5/2021). Menurut dia para pejabat Pemkot Solo juga tak akan menggelar open house.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Ihwal pelaksanaan Salat Id di Kompleks Balai Kota Solo, menurut Gibran baru akan diputuskan pada pekan depan. “Belum saya putuskan, nanti, nanti. Minggu depan lah. Ini kan ada aturan-aturan juga, zona oranye enggak boleh,” kata dia.

Baca Juga: Jadwal Imsak dan Magrib di Solo Hari Ini, Minggu 9 Mei 2021

Prokes Ketat

Bila pun diputuskan untuk menggelar Salat Id di Balai Kota, menurut Gibran pasti dengan penerapan protokol kesehatan secara ketat. Seperti dengan membatasi jumlah peserta salat, pemeriksaan suhu tubuh dan tempat mencuci tangan.

Sedangkan untuk Salat Id masyarakat, Gibran kembali menegaskan sebaiknya dilakukan di masjid-masjid kampung. Jemaah salatnya pun harus dari warga sekitar masjid itu. “Jadi tidak [Salat Id] di lapangan. Jangan dulu lah,” tutur dia.

Lebih jauh Gibran menyatakan masih membolehkan masyarakat untuk mudik lokal di wilayah Soloraya. Tapi dengan sejumlah catatan seperti memastikan kondisi tubuh benar-benar fit, sehingga tidak tertular/menularkan penyakit.

“Mudik lokal Soloraya saya masih membolehkan, saya masih membolehkan. Tapi pastikan dulu badan dalam keadaan benar-benar fit, dan pastikan juga ketika mengunjungi orang tua dalam keadaan sehat. Itu saja kok,” urai dia.

Baca Juga: Pemudik Dikarantina di STP Solo Bertambah Jadi 8 Orang

Gibran juga menegaskan masyarakat tidak boleh menyalahgunakan surat izin keluar masuk (SIKM). Menurut dia SIKM bukan untuk bepergian wisata, melainkan untuk masyarakat yang memang mempunyai urusan penting bepergian.

“Sekali lagi SIKM itu bukan buat piknik. Bukan berarti ada SIKM menjadi bisa bepergian [wisata], enggak. Ini khusus yang urgent-urgent. Saya enggak tahu kemarin beritanya bisa simpang siur seperti itu. SIKM kok untuk wisata,” sesal dia.

Sementara disinggung agenda kegiatan Gibran selama masa Lebaran 2021, suami dari Selvi Ananda itu belum memutuskan. “Dulu kan dari kecil saya di Graha Saba, tapi enggak tahu tahun ini seperti apa, belum saya putuskan,” kata dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya