SOLOPOS.COM - Ilustrasi ruangan di Asrama Haji Donohudan, Boyolali. (Solopos/dok)

Solopos.com, BOYOLALI – Asrama Haji Donohudan Boyolali, Jawa Tengah, diwacanakan menjadi tempat isolasi pasien corona di Jateng. Namun, pengelola menyebut belum ada pemberitahuan resmi terkait hal itu.

Sejauh ini, tempat itu masih dipakai melakukan persiapan pelaksanaan ibadah haji 2020. Kasi Promosi dan Pelayanan Asrama Haji Donohudan, Joko Pujiyono, mengatakan belum mengetahui secara detail mengenai pemanfaatan tempat itu untuk penanganan Covid-19.

Promosi Pegadaian Buka Lowongan Pekerjaan Khusus IT, Cek Kualifikasinya

"Saya belum tahu, sebab dari hasil rapat koordinasi dengan intansi terkait termasuk Kemenag [Kementerian Agama] masih untuk persiapan haji," kata dia kepada Solopos.com, Rabu (8/4/2020).

WHO: Penyemprotan Disinfektan ke Jalanan Tindakan Konyol!

Ekspedisi Mudik 2024

Dia mengatakan persiapan haji masih dilakukan sebab hingga saat ini belum ada informasi resmi dari Arab Saudi terkait kebijakan pelaksanaan haji tahun ini.

"Dari Kemenag masih mengantisipasi, jadi persiapan haji masih dilakukan," kata dia.

Jika tahun ini pelaksanaan haji berjalan sesuai rencana, dia mengatakan untuk kloter pertama akan ditangani mulai 25 Juni 2020.

Wacana Jadi Tempat Isolasi

Diberitakan, Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, menyebutkan sedang mempersiapkan beberapa tempat untuk isolasi pasien Covid-19. Salah satunya adalah Asrama Haji Donohudan.

Cegah Corona, Semua Orang Wajib Pakai Masker di Luar Rumah

Ruang isolasi tambahan itu disiapkan untuk mengantisipasi lonjakan pasien akibat persebaran virus yang semakin masif di Jawa Tengah.

Selain sudah adanya sejumlah rumah sakit, beberapa lokasi lain yang dipersiapkan untuk isolasi pasien Covid-19 di Jawa Tengah antara lain Balai Diklat Pemprov, Balai Diklat Kemenag, Asrama Haji Donohudan, Hotel Kesambi milik Pemprov, dan gelanggang olahraga seperti Jatidiri.

ODP Terbanyak di Kelurahan Jebres, Ini Data Lengkap Sebaran Covid-19 Solo 8 April 2020

Sebagai informasi, Asrama Haji Donohudan berada di Menjing, Donohudan, Ngemplak, Boyolali, Jawa Tengah. Setiap tahunnya tempat ini dipersiapkan untuk keperluan pelaksanaan ibadah haji.

Adapun kapasitas di Asrama Haji ada 2.059 kasur. Sampai saat ini persiapan haji masih dilakukan sembari menunggu pengumuman resmi dari pemerintah Arab Saudi.

Pihak pengelola Asrama Haji juga menunggu kepastian dari Pemprov Jateng terkait pemanfaatannya sebagai tempat isolasi pasien corona.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya