Tutup
Scroll untuk melanjutkan membaca

Belum Nyerah! Tuntas Subagyo Yakin PKR bakal Berlaga di Pemilu 2024

Ketua Umum Partai Kedaulatan Rakyat (PKR), Tuntas Subagyo, optimistis partainya bakal lolos dan bisa berlaga di Pemilu 2024.
SHARE
Belum Nyerah! Tuntas Subagyo Yakin PKR bakal Berlaga di Pemilu 2024
SOLOPOS.COM - Ketua Umum Partai Kedaulatan Rakyat (PKR), Tuntas Subagyo (kedua dari kanan), optimistis partainya bakal lolos dan bisa berlaga di Pemilu 2024.(Istimewa)

Solopos.com, SOLO — Ketua Umum Partai Kedaulatan Rakyat (PKR), Tuntas Subagyo, optimistis partainya bakal lolos dan bisa berlaga di Pemilu 2024.

PKR telah mengajukan gugatan ke Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) agar bisa dinyatakan lolos sebagai peserta Pemilu 2024. Sebab menurut dia PKR telah memenuhi prasyarat sebagai parpol peserta Pemilu 2024.

PromosiPromo Menarik, Nginep di Loa Living Solo Baru Bisa Nonton Netflix Sepuasmu!

“Kalau data dukungan kami melebihi dari batas minimal yang ditentukan, seperti 100 persen provinsi, 75 persen kabupaten/kota kami sudah 100 persen, 50 persen tingkat kecamatan kami 90 persen,” tutur dia, Rabu (7/12/2022).

Begitu juga untuk data dukungan berupa Kartu Tanda Penduduk (KTP) dan Kartu Tanda Anggota (KTA) PKR, Tuntas menyebut sudah di angka 274.000-an. Jumlah tersebut jauh di batas minimal yang ditentukan yaitu 182.000 KTP/KTA.

“Kemarin masalah waktu kami tak bisa mendapatkan Bintek yang ditetapkan KPU. Di jangka waktu 1 Agustus sampai 14 Agustus 2022 penetapan Sipol itu, kami masih mencari untuk aplikasi, sehingga terlambat memasukkan,” urai dia.

Baca Juga: Orasi Tuntas Subagyo di Hadapan Massa: Dukung IKN Nusantara & NKRI Harga Mati

Tuntas mengungkapkan dalam proses itu PKR tidak mendapatkan Bintek pengisian Sipol yang digelar KPU untuk partai-partai politik (parpol). Sehingga PKR menurut dia mengalami kesulitan ketika harus mengisi aplikasi Sipol yang dimaksud.

Kuis Solopos - Seru-seruan Asah Otak

“Kami tidak dapat bintek, dan praktik di lapangan, begitu sudah masuk pun tahu-tahu logout sendiri. Dan kalau logout itu harus mengulang lagi dari awal. Kami juga sudah memasukkan 30 lebih provinsi, tapi di KPU tidak terbaca,” kata dia.

Setahu Tuntas pengisian Sipol sekadar alat bantu, tidak menjadi alat penentu lolos atau tidaknya parpol sebagai peserta Pemilu 2024. Sehingga pihaknya mengajukan gugatan ke DKPP sebagai respons atas yang dialami partainya.

“Sebetulnya kalau di UU KPU, Sipol itu adalah alat bantu, bukan alat penentu. Maka kami maju ke DKPP untuk menindaklanjuti itu,” ujar dia.

Baca Juga: Pecah! Nella & Woro Sukses Pukau Penonton Konser Tengah Sawah di Sukoharjo

Ihwal permohonan yang diajukan PKR ke DKPP menurut dia supaya bisa ditetapkan lolos.

Kilas Balik 2022 - Emagz Solopos

“Kami mengharapkannya seperti itu. Pengajuan kami ke DKPP seperti itu, langsung ke penetapan. Sebab dari 34 provinsi kami sudah memenuhi, kabupaten atau DPD, dan kecamatan. Data dukungan kami sampai 270.000 an,” urainya.

Tuntas menyebut tidak adanya tokoh nasional di PKR dirasakan telah membuat partai ini kesulitan ketika mendaftar sebagai peserta Pemilu 2024. Namun dia tetap optimistis PKR bisa lolos ke Pemilu 2024 dan masuk lima besar parpol.

“Target kami menang Pemilu 2024, paling enggak masuk lima besar. Kami ajukan sesuai mekanisme ada caleg dan sebaginya,” tegas dia.

 

 

 



Info Digital Tekno
Indeks
Berita Terkait
Indeks Berita
Berita Terpopular
Indeks Berita
Info Perbankan
Indeks
Interaktif Solopos
Berita Lainnya
Indeks Berita
      Promo & Events
      Kuis Solopos - Seru-seruan Asah Otak
      Emagz Solopos
      Berita Terkini
      Indeks Berita
      Interaktif Solopos
      Kuis Solopos - Seru-seruan Asah Otak
      Solopos Stories
      Part of Solopos.com
      ISSN BRIN
      Punya akun? Silahkan login
      Daftar sekarang...
      Support - FaQ
      Privacy Policy
      Tentang Kami
      Kontak Kami
      Night Mode