SOLOPOS.COM - Anak-anak bermain di Umbul Kroman, Desa Mranggen, Kecamatan Jatinom, Selasa (4/1/2022). (Solopos/Taufiq Sidik Prakoso)

Solopos.com, KLATENUmbul Kroman berpotensi menjadi wisata andalan Desa Mranggen, Kecamatan Jatinom, Klaten. Umbul Kroman menjadi salah satu surga tersembunyi di balik permukiman wilayah Dukuh Kroman.

Umbul tersebut bersebelahan dengan Embung Mranggen yang dibangun Pemerintah Provinsi Jawa Tengah beberapa tahun lalu.

Promosi Siap Mengakselerasi Talenta Muda, Pegadaian Lantik Pengurus BUMN Muda Pegadaian

Selain Umbul Kroman, ada sumber air di Dukuh Karanggotan bernama Umbul Gotan. Air umbul itu diyakini berkhasiat untuk penyembuhan terutama penyembuhan luka.

Baca Juga: Dukung Wisata, Jalan Tegalgondo-Tulung Klaten Diusulkan Dilebarkan

Ada lagi kawasan petilasan Watu Sigong dengan bebatuan yang menyerupai gamelan seperti saron, gong, serta kempul. Konon, zaman dulu kerap terdengar suara klenengan gamelan yang bersumber dari kawasan petilasan pada malam-malam tertentu.

Pemerintah Desa Mranggen berencana menjadikan kawasan Umbul Kroman untuk objek wisata. Pengembangan dilakukan secara bertahap menyusul terbatasnya alokasi anggaran serta masih fokus pada penanganan dampak pandemi Covid-19.

Pada 2021, Pemerintah Desa Mranggen mulai menyicil melakukan penataan kawasan tersebut dengan membangun toilet serta ruang ganti dengan alokasi anggaran sekitar Rp50 juta. Tahun ini, pemerintah desa berencana membangun musala di dekat kawasan tersebut dengan alokasi anggaran Rp100 juta.

Baca Juga: Nasi Belut Jadi Favorit Angkringan Penyandang Disabilitas Klaten

Kades Mranggen, Miseran, mengatakan ada rencana untuk memagari sumber utama di Umbul Kroman. Selain menjaga kebersihan sumber utama, pemagaran itu dilakukan agar air dari sumber utama bisa langsung dinikmati.

Ada juga rencana pengembangan agrowisata. Hanya, rencana pengembangan itu tergantung alokasi anggaran pada keuangan desa.

Meski belum tertata untuk wisata, Umbul Kroman belakangan ramai dikunjungi. Saat akhir pekan, sekitar 250 orang mendatangi sumber mata air tersebut.

Baca Juga: Budidaya Koro Pedang Digalakkan di Wonogiri, Ini Manfaatnya

Ada mitos di balik keindahan Umbul Kroman. Konon, perempuan dari luar desa terutama yang baru kali pertama mandi di Umbul Kroman bakal terlihat lebih cantik.

“Diyakini warga sampai saat ini, kalau ada orang yang belum pernah ke sini dan mandi di sana, setelah mandi akan kelihatan cantik. Auranya berbeda,” kata Miseran saat ditemui di kantor desa setempat, Selasa (4/1/2022).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya