SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

SOLO – Kalangan DPRD Kota Solo mempertanyakan pencairan bantuan operasional RT yang tahun ini dianggarkan senilai Rp1 juta untuk masing-masing RT. Sebab hingga menjelang akhir April 2012 ini, pencairan dana itu belum terealisasi.

Anggota Komisi III DPRD Kota Solo, Abdullah AA mengemukakan seharusnya bantuan operasional RT tersebut sudah bisa dicairkan awal-awal tahun. “Tapi sampai bulan keempat ini, bantuan itu belum juga cair. Padahal seharusnya dana itu bisa cair di awal-awal tahun karena anggarannya kan memang untuk satu tahun, dari Januari hingga Desember. Nah kami mempertanyakan mengapa sampai saat ini belum terealisasi,” papar Abdullah, Rabu (25/4/2012).

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Abdullah menyayangkan lambatnya proses pencairan bantuan dana operasional RT tersebut. Pihaknya menyoroti permasalahan serupa yang pernah terjadi tahun-tahun sebelumnya. “Mengapa hanya pada masa kampanye saja bantuan-bantuan seperti itu bisa cepat pencairannya. Misalnya pada saat kampanye walikota dulu itu, bantuan operasional seperti itu bahkan sudah bisa cair bulan April. Tapi kenapa sekarang tidak?” tandasnya.

Abdullah menjelaskan kenaikan bantuan dana operasional RT tersebut telah ditetapkan di APBD Kota Solo tahun 2012. Nilainya naik jika dibandingkan nilai bantuan yang sama tahun sebelumnya yang hanya senilai Rp600.000 untuk masing-masing RT. Kenaikan anggaran bantuan operasional RT tersebut dimaksudkan untuk mendukung pelaksanaan kegiatan di tingkat RT. Sebab menurutnya, beban dan tanggung jawab pengurus RT ataupun RW cukup besar. Selain urusan administrasi sepele mulai dari surat pengantar pembuatan kartu tanda penduduk (KTP), kematian, keterangan miskin, hingga pertengkaran rumah tangga, melibatkan peran pengurus RT. “Setidaknya bantuan operasional ini bisa meringankan beban mereka,” imbuhnya.

Abdullah mendesak Pemkot segera mencairkan bantuan operasional RT tersebut dalam waktu dekat. Hal itu juga terkait evaluasi yang harus dilakukan oleh Komisi III DPRD Kota Solo selaku pengawas. “Hla kalau cairnya bulan November misalnya, kami mengevaluasinya bagaimana? Padahal anggarannya kan untuk satu tahun anggarannya 2012 ini,” imbuh dia.

Terpisah, Wakil Ketua DPRD Kota Solo, Supriyanto membenarkan dalam APBD tahun 2012 telah menganggarkan bantuan operasional RT senilai Rp1 juta untuk masing-masing RT di Solo.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya