SOLOPOS.COM - Irjen Pol Teddy Minahasa (Antara)

Solopos.com, JAKARTA —  Irjen Pol Teddy Minahasa ditunjuk sebagai Kapolda Jatim pada 10 Oktober 2022 lalu menggantikan Irjen Pol Nico Afinta yang dicopot setelah 132 penonton tewas dalam tragedi Kanjuruhan, Malang, Jawa Timur seusai laga Liga 1 antara Arema FC versus Persebaya.

Penunjukan Teddy Minahasa sebagai Kapolda Jatim berdasarkan Surat Telegram Kapolri Nomor: ST/2134 IX/KEP/2022.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Belum juga menjalani serah terima jabatan, Teddy Minahasa urung menjadi Kapolda Jatim setelah tersangkut kasus narkoba.

Dengan adanya insiden memalukan itu, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo langsung membuat surat pembatalan pengangkatan Teddy Minahasa sebagai Kapolda Jatim.

Baca Juga: Kapolri Benarkan Irjen Teddy Minahasa Jual Narkoba Hasil Sitaan

“Terkait posisi Irjen Pol TM, baru saja kemarin kita keluarkan TR (telegram rahasia) sebagai Kapolda Jatim. Hari ini kami keluarkan TR pembatalan dan diisi dengan pejabat baru,” ujar Kapolri dalam jumpa pers, Jumat (14/10/2022), seperti seperti dikutip Solopos.com dari Breaking News KompasTV.

Alih-alih menjadi Kapolda Jatim, kini Teddy Minahasa ditahan di sebuah ruang khusus sembari menjalani proses etik dan pidana atas keterlibatannya dalam peredaran narkoba.

Baca Juga: Dicopot sebagai Kapolda Jatim, Ini Pernyataan Kontroversial Irjen Nico Afinta

“Ada ruangan khusus yang disiapkan sambil menunggu proses pidananya. Setelah yang bersangkutan menjadi tersangka akan dipindahkan ke Polda Metro,” ujar Kapolri lagi.

Berdasarkan informasi, prosesi serah terima jabatan (sertijab) Irjen Pol Teddy Minahasa Putra sebagai Kapolda Jawa Timur semestinya digelar pekan depan.

“Informasi yang saya terima dilaksanakan pekan depan,” kata Kabid Humas Polda Jatim Kombes Pol Dirmanto saat dikonfirmasi di Surabaya, Jumat, seperti dikutip Antara.

Kapolri menegaskan takkan memberi ampun kepada anggota Polri yang bermain-main dalam pelanggaran hukum, khususnya terkait perjudian dan narkoba.

Baca Juga: Kapolda Jatim Teddy Minahasa Positif Narkoba, Diduga Jual 5 Kg Sabu-Sabu

Penangkapan Kapolda Jatim Irjen Pol Teddy Minahasa bukan tidak mungkin akan berlanjut kepada anggota Polri lain yang berbuat serupa.

“Sudah berkali-kali saya samapaikan kepada seluruh jajaran, tidak ada yang main-main dengan narkoba. Yang namanya narkoba harus betul-betul dilakukan pembernatasan. Dan saya sudah sampaikan siapapun yang terlibat tidak peduli pangkatnya apa jabatannya apa pasti kami berantas. Itu bagian komitmen dari kami untuk melakukan bersih-bersih dari institusi Polri, ini sudah sering saya sampaikan dalam setiap arahan-arahan saya,” tandas Kapolri.

Baca Juga: Penangkapan Kapolda Jatim Irjen Teddy Minahasa Berawal dari Polda Metro Jaya

Kapolri menyebut, bukti keseriusan dirinya membersihkan Polri dari polisi jahat adalah penangkapan Kapolda Jatim Irjen Pol Teddy Minahasa.

Meskipun Teddy Minahasa seorang jenderal bintang dua seperti halnya Ferdy Sambo, dirinya menindak tegas dengan menangkap yang bersangkutan.

“Kita sayang dengan 400.000 lebih personel Polri yang sudah sungguh-sungguh menegakkan hukum, jangan sampai ternoda oleh perilaku satu dua orang. Irjen TM ini dan yang lain-lain jika ditemukan bukti akan kami tindak tegas,” tegas mantan Kapolresta Solo itu.

Baca Juga: Kapolri: Tak Ada Ampun, Polisi Terlibat Narkoba dan Judi Kami Sikat!

Sebelumnya, anggota Komisi III DPR, Arteria Dahlan, mengungkapkan Irjen Pol Teddy Minahasa diduga terlibat dalam peredaran narkoba di Tanah Air.

“Iya informasinya seperti itu. Diduga menjualnya kepada seorang yang disebut Mami Linda. Kita semua sudah tahu lah siapa itu Linda. Kami sebenarnya mendengar isu seperti ini sejak lama, cuma eksekusinya yang lambat,” ujar anggota Komisi III DPR, Arteria Dahlan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya