SOLOPOS.COM - Pengunjung berjalan melewati depan kios Terminal Tirtonadi, Solo, Jumat (15/4/2022). (Siti Nur Azizah/Solopos)

Solopos.com, SOLO — Memasuki pertengahan bulan Ramadan 2022, situasi Terminal Tirtonadi Solo masih sepi. Para penumpang bus antarkota antarprovinsi (AKAP) dan bus-bus eksekutif dari kota-kota besar belum tampak per Senin (18/4/2022) siang.

Petugas layanan informasi Terminal Tirtonadi, Harun, mengatakan belum ada pemudik yang tiba di Terminal Tirtonadi Solo. Meskipun Kota Solo merupakan salah satu kota tujuan pemudik Lebaran 2022.

Promosi Pegadaian Buka Lowongan Pekerjaan Khusus IT, Cek Kualifikasinya

Harun mengatakan, penumpang bus masih didominasi oleh para pelaju. Misalnya pekerja asal Solo yang bekerja di luar Soloraya. Mereka biasanya akan pulang pada akhir pekan atau jika ada hari libur nasional.

“Belum ada [pemudik]. Paling [dari] Jogja, Sragen, kalau Sabtu Minggu pulang Solo,” kata Harun saat ditemui Solopos.com di layanan informasi Terminal Tirtonadi Solo, Senin.

Baca Juga: Jutaan Orang Diprediksi Bakal Berlibur ke Karanganyar saat Lebaran 2022

Ia menambahkan, kondisi terminal bisa dikatakan meningkat dan pemudik berdatangan mulai H-7 Lebaran. Sedangkan puncaknya pada H-3 lebaran.

“Paling ya H-7 lebaran, H-3 ramai,” jelasnya.

Meski penumpang bus AKAP dan pemudik belum banyak yang tiba di terminal, pengelola Terminal Tirtonadi Solo sudah lebih dulu memperketat skrining dan pengawasan kondisi kesehatan penumpang.

Di depan pintu kedatangan penumpang, petugas telah memasang barcode PeduliLindungi yang waiib di-scan oleh penumpang yang tiba di terminal.

Terminal juga memberikan solusi bila penumpang dengan kondisi tertentu, misalnya kelompok lansia dan tidak mempunyai gawai bisa menunjukkan kartu atau sertifikat vaksin yang telah dicetak.

Dua meter dari pintu kedatangan penumpang atau di depan pusat layanan informasi terminal, petugas telah menyiapkan termometer digital standing untuk mengecek suhu tubuh penumpang saat tiba di terminal.

Baca Juga: Kapan Lebaran 2022? Muhammadiyah 2 Mei, Pemerintah Tunggu Sidang Isbat

“Ya ada, di depan sini [pintu kedatangan penumpang]. Kita pengecekan terus, ini kebetulan pas istirahat pada makan dulu beberapa. Kita juga melaporkan foto kartu vaksin penumpang yang tidak bisa mengakses aplikasi Pedulilindungi, yang terbatas IT-nya,” jelasnya.

Sementara itu, Kepala Terminal Tirtonadi, Joko Sutriyanto saat dihubungi Solopos.com mengatakan, kedatangan penumpang dari kota-kota besar biasa dimulai sejak masa cuti bersama.

Pemerintah pusat pada 2022 memberikan cuti bersama pada Jumat (29/4/2022)–hingga Jumat (6/5/2022).

“Belum [ramai], kan biasane cuti bersama kuwi H- berapa lebaran baru mulai,” jelas Joko saat dihubungi Solopos.com.

Baca Juga: Aturan One Way Ganjil Genap di Jalan Tol Saat Mudik Lebaran 2022

Joko menambahkan sudah ada peningkatan volume penumpang. Namun hal itu terjadi pada bus antarkota dalamprovinsi (AKDP) seperti yang diungkapkan Harun sebelumnya.

“Sudah ada peningkatan penumpang. Tapi itu peningkatan di aglomerasi dan AKDP,” imbuh dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya