SOLOPOS.COM - Ilustrasi (Istimewa/belokkirifest.org)

Belok.Kiri Fest dibubarkan setelah polisi dan sejumlah ormas masuk dan meminta dibatalkan. Menkumham Yasonna Laoly pun berkomentar.

Solopos.com, JAKARTA — Pemerintah angkat bicara soal pembubaran acara Belokkiri.Fest akhir pekan lalu. Menteri Hukum dan HAM Yasonna Laoly menyatakan kebebasan berekspresi harus tetap dihormati.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

“Kebebasan berekspresi mah kalau masih dalam batas perundangan kan harus kita hormati, kita hargai. Kecuali ada kemungkinan anarkis,” ujar Yasonna di Kompleks Istana Kepresidenan, Senin (29/2/2016).

Namun demikian, Yasonna menambahkan kepolisian mungkin saja memiliki pertimbangan lain ketika melakukan pembubaran acara tersebut.

Sebelumnya, acara BelokKiri.Fest yang menyuarakan kritik terhadap pelanggaran HAM direncanakan digelar di Taman Ismail Marzuki, Jakarta Pusat, pada Sabtu (27/2/2016) lalu.

Namun acara itu terpaksa dibatalkan karena polisi dan sejumlah ormas masuk secara paksa ke lokasi acara dan meminta acara kesenian tersebut dibatalkan. Padahal, Komite Belokkiri.Fest menyatakan acara tersebut telah mendapat izin dari Pusat Kesenian Jakarta.

Panitia Belokkiri.Fest menyatakan penyesalannya terhadap pembatalan ini dan menilainya sebagai pengekangan kebebasan berekspresi. “Pengekangan dan pengebirian hak warga negara untuk berekspresi, berpendapat, dan berdisuksi kini terjadi lagi. Dengan sangat menyesal, kami Panitia Belokkiri.Fest menyatakan bahwa kegiatan kami dibatalkan untuk diadakan di Galeri Cipta II, Taman Ismail Marzuki, sebagaimana yang kami beritakan sebelumnya,” sebut keterangan tertulis panitia dalam situs belokkirifest.org, Sabtu.

Belokkiri.Fest akhirnya digeser ke LBH Jakarta. Panitia menyayangkan sikap dua pihak dalam kejadian ini, yaitu pengurus Galeri Cipta II Taman Ismail Marzuki, aparat kepolsian, dan situs online yang menentang acara itu.

“Aparat yang harusnya melindungi hak-hak tersebutlah yang justru, dengan satu dan lain cara, mengakibatkan acara ini terpaksa dibatalkan untuk diselenggarakan di Galeri Cipta II, Taman Ismail Marzuki.”

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya