Beli Rumah di Usia 20-an, Begini Caranya!

Mulai saat ini kamu harus memantapkan hati dan pikiran serta membuat target yang ingin kamu capai pada masa depan.
Beli Rumah di Usia 20-an, Begini Caranya!

Solopos.com, SOLO – Rumah adalah salah satu kebutuhan primer, terutama untuk yang sudah berkeluarga. Banyak orang menganggap usia 20-an adalah waktu yang paling indah untuk foya-foya atau menghabiskan uang untuk kesenangan.

Hanya sedikit yang memikirkan di mana dan seperti apa hunian yang akan mereka tempati pada masa depan. Padahal, harga properti khususnya rumah, mengalami kenaikan setiap tahunnya. Itu yang mengakibatkan beberapa orang tinggal di rumah kontrakan sampai akhir hayatnya.

Untuk kamu yang termasuk generasi milenial dan bingung bagaimana caranya membeli rumah saat usia 20-an, berikut tips seperti dikutip dari rumah123.com, Kamis (08/07/2021):

Membulatkan tekad dan tujuan
Cita-cita akan tercapai bila ada tekad yang kuat di dalam hati. Mulai saat ini kamu harus memantapkan hati dan pikiran serta membuat target yang ingin kamu capai pada masa depan. Kalau perlu, tuliskan semua targetmu di kertas lalu tempelkan di pintu kamarmu. Ketika kamu melihat tulisannya, tidak akan ada yang bisa menggoyahkan tekadmu. Tekad yang bulat membuatmu tidak mudah tergoda dengan hal selain yang kamu cita-citakan. Juga kamu akan semakin bijak dalam mengelola pengeluaran keuangan.

Baca Juga: Plafon Rumah Bermasalah? Ini Tips Mengatasinya

Memiliki dua rekening
Memiliki dua rekening berbeda mempermudah pengaturan keuangan. Kamu bisa memisahkan dana untuk hidup sehari-hari dan dana tabungan untuk membeli rumah. Buatlah rekening dengan biaya bulanan dan biaya administrasi yang rendah, itu akan sedikit mengurangi pengeluaranmu. Kamu harus melakukan pengawasan secara ketat. Kalau memang tidak berada dalam kondisi yang benar-benar darurat, jangan sampai dana tabungan untuk membeli rumah itu kamu pakai.

Konsisten Menabung

Menabung di awal bulan
Bagi kamu yang bekerja dan menerima gaji setiap bulan, tabunglah terlebih dahulu ke rekening untuk membeli rumah. Jangan sampai menabung dengan uang sisa belanja bulanan. Karena itu menjadikan jumlah tabungan tidak konsisten, karena kebutuhan bulanan yang berbeda-beda.

Kamu harus konsisten dalam menabung. Bagi kamu yang pekerjaannya tidak menerima gaji di tanggal tertentu, tetaplah menabung di tanggal yang sama setiap bulannya. Dengan begitu, rencana yang sudah kamu buat akan lebih cepat tercapai.

Baca Juga: 9 Tips Memilih Kulkas yang Baik dan Tepat

Investasi
Selain menabung, kamu bisa menaruh uangmu pada instrumen-instrumen investasi. Bagi milenial, informasi mengenai investasi sudah tidak menjadi hal yang eksklusif. Banyak sekali instrumen investasi yang menyediakan program investasi mulai dari Rp10.000,-.
Berbeda dengan menabung, investasi akan membuat uangmu bertambah dengan seiring berjalannya waktu. Namun bukan berarti tanpa risiko, setiap instrumen investasi memiliki tingkat risiko yang berbeda-beda. Ada banyak instrumen investasi di antaranya emas, saham, obligasi, sukuk, deposito, dll. Bijaklah dalam memilih instrumen investasi.

Hindari utang dan terapkan gaya hidup hemat
Usahakan sebisa mungkin menghindari utang piutang. Jangan membeli barang yang kamu inginkan, tetapi belilah barang karena kamu memang membutuhkannya. Utang bisa membuat pengeluaran bertambah. Apalagi jika utang itu berbunga.

Untuk menghindarinya, terapkan gaya hidup hemat ala-ala kaum minimalis. Singkirkan semua barang yang kamu rasa tidak terlalu dibutuhkan. Dan mulailah kehidupanmu dengan serba cukup, jangan berlebihan.

Promo & Events
Berita Terkait
    Berita Terkini
    Indeks Berita

    Apa yang ingin anda baca?

    :
    :
    Night Mode
    Notifications
    Support
    Privacy
    PasswordUpdated 15 days ago