SOLOPOS.COM - Warga Bangun Sari, Sragen Kulon, Sragen, Wardji, 69, bersama istrinya Asih, 59, berfoto di depan mobil barunya di depan rumahnya, Senin (22/8/2022). (Solopos.com/Tri Rahayu)

Solopos.com, SRAGEN — Seorang kakek, Wardji, membeli mobil di Sragen, Jawa Tengah, dengan menggunakan uang sekarung. Di mana uang di dalam karung tersebut berisi pecahan Rp2.000, Rp5.000, Rp10.000, Rp50.000, hingga Rp100.000.

Wardji mendatangi diler mobil Daihatsu PT Mandiri Zirang Utama Sragen pada Sabtu (20/8/2022) dengan berjalan kaki sejauh 7 km. Dia mendatangi diler yang berlokasi di Jalan Sragen-Ngawi tersebut dengan pakaian lusuh untuk membeli mobil All New Sigra 2022 seharga Rp180,4 juta.

Promosi Pegadaian Resmikan Masjid Al Hikmah Pekanbaru Wujud Kepedulian Tempat Ibadah

Sempat dikira mengemis, ternyata Wardjio menyamar. Dia mengaku sebagai operator mesin dan ilmuwan. Bahkan, dia menunjukkan bukti pernah ke Istana Negara pada masa pemerintahan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).

Üntuk mendapatkan All New Sigra 2022 itu, kakek yang membeli mobil dengan uang sekarung di Sragen ini ternyata memperoleh warisan senilai Rp170 juta.

Ekspedisi Mudik 2024

Baca Juga: Kalau Harga BBM Pertalite Naik Jadi Rp10.000, Kamu Setuju Enggak Lur?

“Sebenarnya kami dapat warisan senilai Rp170 juta dan punya uang sendiri senilai Rp5 juta,” jelas Wardji saat ditemui wartawan, Senin (22/8/2022) di Bangunsari, Sragen Kulon, Sragen.

Dia juga mengaku menyamar sebagai tukang pengumpul barang rongsok, tetapi tidak dijual. “Nah, saat saya mencari rongsokan itu ada orang yang memberi uang. Saya tidak mau dikasih uang Rp2.000 karena saya bukan pengemis. Kalau memberi itu ya Rp5.000, Rp50.000 atau Rp100.000,” imbuh dia.

Baca Juga: Tinggal di Tengah Sawah, Keluarga di Sragen Ini Hidup dari Bertani

Dari situ, dia berhasil mengumpulkan uang kekurangan untuk membeli mobil. “Ya, saya ke diler itu memang jalan kaki. Saya sudah terbiasa jalan kaki 20 km. Orang jalan itu sehat karena antara otak dan badan seimbang. Kalau ingin cepat ya lari. Uang recehan itu saya simpan di kaleng-kaleng plastik biar tidak dimakan rayap. Soalnya ada uang Rp300.000 yang dimakan rayap,” paparnya didampingi sang istri, Asih.

Diberitakan sebelumnya, kakek berusia 69 tahun yang membeli mobil dengan uang sekarung itu sempat menghebohkan publik. Bahkan, dia sempat dikira mengemis.

Baca Juga: Hukum Salat Sambil Tutup Mata, Bolehkah?

Kisah unik Wardji ini diceritakan sales diler PT Mandiri Zirang Utama Sragen, Dezy Ais, 35, saat berbincang dengan wartawan, Senin (22/8/2022). Wanita yang kerap disapa Ais itu menyampaikan awalnya Wardji datang pada Jumat (19/8/2022) untuk sekadar tanya-tanya tentang mobil dan harganya.

Oleh petugas keamanan ia pengemis dan sempat dikasih uang tetapi ditolak. “Prinsip kami semua tamu dilayani dengan baik. Pelanggan itu datang dan saya temani lihat-lihat mobil. Kemudian minta nomor telepon saya. Setelah itu pulang dan belum memberi tahu kalau mau beli mobil,” beber dia.

Baca Juga: Ternyata Ini Arti Nama Tawangmangu, Tempat Healing Hit di Karanganyar

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya