SOLOPOS.COM - Tim nasional Belgia membungkam tuan rumah Rusia 3-0 dalam laga pertama kedua tim di Grup B Euro 2020 di Stadion Krestovsky. (Twitter)

Solopos.com, JAKARTA-- Belgia berhasil menyapu bersih tiga pertandingannya dalam Grup B Piala Eropa 2020 dengan mencetak kemenangan pamungkasnya di grup ini dengan membekuk Finlandia 2-0.

Dengan hasil ini Finlandia tersalip Denmark dari posisi dua setelah dalam jam yang sama Denmark menang 4-1 atas Rusia. Denmark lolos ke 16 besar mendampingi Belgia.

Promosi Skuad Sinyo Aliandoe Terbaik, Nyaris Berjumpa Maradona di Piala Dunia 1986

Gol bunuh diri penjaga gawang Finlandia Lukas Hradecky dan gola Romelu Lukaku memastikan kemenangan ketiga berturut-turut Belgia ini.

Baca Juga: Denmark 4-1 Rusia: Dramatis, Denmark Lolos 16 Besar Seusai Bantai Rusia

Finlandia bermain sangat defensif dalam laga ini, namun menciptakan tujuh peluang yang sayangnya tidak ada yang tepat sasaran. Sebaliknya Belgia melepaskan 17 percobaan gol yang dua di antaranya tepat sasaran.

Belgia berupaya menguasai bola dan mendesak Finlandia selepas kick-off. Romelu Lukaku berupaya merangsek di menit keempat, tapi dihentikan kombinasi Joana Toivio dan Paulus Arajuuri.

Umpan terobosan Kevin de Bruyne diterima Lukaku di sisi kiri, diselesaikan dengan sepakan yang berakhir melebar ke kanan gawang. Belakangan wasit meniup peluit tanda offside.

Baca Juga: Persib Bandung Bawa 20 Pemain ke Piala Wali Kota Solo

Mencari Celah

Seperti dilansir detikcom, Belgia terus membangun serangan dengan sabar, mencoba mencari celah di pertahanan Finlandia. Witsel kembali mendapatkan kesempatan di menit ke-32 namun sepakannya melebar ke kanan.

Ancaman lain dari Belgia di menit ke-42. Doku bergerak memotong dari kiri dan menembak dengan kaki kanan. Tendangannya masih bisa dijangkau dan ditepis oleh Hradecky.

Belgia mengklaim penalti di menit ke-45 usai Eden Hazard dijatuhkan O'Shaughnessy. Tapi wasit tak melihatnya sebagai pelanggaran. Babak pertama berakhir.

Baca Juga: Jangan Sampai Bikin Stres, Ini 5 Cara Melunasi Utang Lebih Cepat

Setelah susah payah membendung Belgia, Finlandia malah kebobolan akibat gol bunuh diri pada menit ke-74. Sepak pojok De Bruyne disundul Thomas Vermaelen dan membentur tiang, lalu bola mengenai Hradecky dan masuk ke gawang.

Belgia menggandakan keunggulan di menit ke-81. Lukaku melepaskan diri dari O'Shaughnessy usai menerima umpan dari De Bruyne, untuk menuntaskannya dengan kaki kanan ke pojok kanan bawah gawang.

Sepakan Hazard di menit ke-85 melebar ke kanan. Belgia mengontrol situasi hingga pertandingan usai, mengamankan kemenangan ketiga dari tiga laga di fase grup.

Baca Juga: Makedonia Utara 0-3 Belanda: De Oranje Sempurna, Goran Pandev Dapat Guard of Honour

Susunan Pemain

Finlandia: Lukas Hradecky; Joona Toivio, Paulus Arajuuri, Daniel O'Shaughnessy; Jukka Raitala, Robin Lod (Forss 91'), Tim Sparv (Schuller 59'), Glen Kamara, Jere Uronen (Alho 70'); Joel Pohjanpalo (Kauko 70'), Teemu Pukki (Jansen 91')

Belgia: Thibaut Courtois; Dedryck Boyata, Jason Denayer, Thomas Vermaelen; Leandro Trossard (Thomas Meunier 75'), Kevin De Bruyne (Vanaken 91'), Axel Witsel, Nacer Chadli; Jeremy Doku (Michy Batshuayi 76'), Eden Hazard, Romelu Lukaku (Christian Benteke 84')

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya