SOLOPOS.COM - Para pemain Italia merayakan sukses melangkah ke semifinal Euro 2020 setelah menaklukkan Belgia 2-1 dalam perempat final Euro 2020 di Allianz Arena, Munich, Sabtu (3/7/2021) dini hari WIB. (AFP/Andreas Gebert)

Solopos.com, MUNICH – Duel final kepagian Euro 2020 akhirnya dimenangkan Italia. Gli Azzurri menaklukkan Belgia 2-1 pada perempat final Euro 2020 di Allianz Arena, Munich, Jerman, Sabtu (3/7/2021) dini hari WIB.

Dua gol Italia dicetak Nicolo Barella (31′) dan Lorenzo Insigne (44′). Sementara Belgia membalas lewat penalti Romelu Lukaku di pengujung babak pertama.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Kemenangan tersebut mengantarkan Italia lolos ke semifinal dan akan bertemu Spanyol. Tim Matador sebelumnya menyingkirkan Swiss yang bermain dengan 10 orang sejak menit ke-77 lewat adu penalti 3-1. Adu tos-tosan digelar setelah kedua tim bermain sama kuat 1-1 di waktu normal dan babak tambahan.

Baca Juga: Swiss 1-1 (1-3) Spanyol: Adu Penalti Loloskan Matador ke Semifinal Euro 2020

Pada laga dini hari tadi, Leonardo Bonucci sempat merobek gawang Belgia pada menit ke-13 setelah meneruskan sebuah tendangan bebas. Namun review VAR menganulir gol itu karena sang pemain offside.

Italia memecahkan kebuntuan pada menit ke-31 ketika Barella meneruskan umpan Marco Verratti. Barella mengelabui Thorgan Hazard sebelum melepaskan tendangan kencang yang tak bisa dicegah penjaga gawang Thibaut Courtois.

Courtois kembali harus memungut bola dari dalam gawang pada menit ke-44. Gerakan indah dari Insigne di luar kotak penalti Belgia diakhiri dengan tendangan keras diagonal yang sulit dijangkau oleh kiper nomor satu Belgia itu.

Baca Juga: Pensiun dari Timnas Jerman, Danke Toni Kroos!

Italia Dominan

Italia hampir saja menuntaskan laga tersebut dengan kedudukan 2-0 namun bek Giovanni Di Lorenzo dianggap melakukan pelanggaran terhadap Jeremy Doku di dalam kotak penalti Azzurri.

Setelah tinjauan VAR, wasit memastikan itu penalti dan Lukaku sukses menjadi algojo tendangan penalti dengan menaklukkan Gianluigi Donnarumma di pengujung babak pertama.

Italia nyaris menciptakan gol ketiga pada menit ke-66 ketika Leonardo Spinazzola sudah tepat menyambut bola. Namun dia tak bisa mengarahkan bola tepat ke sasarannya.

Baca Juga: Ini Prediksi Skor Belgia Vs Italia pada Perempat Final Euro 2020

Setelah itu Belgia mati-matian menyamakan kedudukan tapi tak kunjung bisa menjebol gawang Italia. Pertahanan Azzurri rapat menutup ruang gerak Belgia.

Pada laga tersebut, Italia dominan pada babak pertama dengan 55 persen penguasaan bola. Italia juga mencatatkan sembilan upaya mencetak gol yang empat di antaranya tepat sasaran.

Dominasi Azzurri juga kembali terlihat di babak kedua. Total Azzurri melepaskan 14 percobaan gol yang tiga di antaranya tepat sasaran, sedangkan Belgia mengirimkan 9 upaya yang juga tiga di antaranya tepat sasaran.

Baca Juga: Prediksi Skor Swiss Vs Spanyol: Tim Matador Melenggang, Morata Pemain Terbaik

 

Susunan Pemain:

Belgia (3-4-2-1): Thibaut Courtois; Toby Alderweireld, Thomas Vermaelen, Jan Vertonghen; Thomas Meunier (Nacer Chadli 70’), Axel Witsel, Youri Tielemans (Dries Mertens 69’), Thorgan Hazard; Kevin De Bruyne, Jeremy Doku; Romelu Lukaku.

Pelatih: Roberto Martinez.

Italia (4-3-3): Gianluigi Donnarumma; Giovanni Di Lorenzo, Leonardo Bonucci, Giorgio Chiellini, Leonardo Spinazzola (Emerson Palmieri 79’); Nicolo Barella, Jorginho, Marco Verratti (Bryan Cristante 74’); Federico Chiesa, Lorenzo Insigne (Domenico Berardi 79’), Ciro Immobile (Andrea Belotti 74’).

Pelatih: Roberto Mancini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya