SOLOPOS.COM - Ilustrasi suasana tes Computer Assisted test (CAT). (Sekar Langit Nariswari/JIBI/Harian Jogja)

Solopos.com, WONOGIRI — Belasan pelamar calon pegawai negeri sipil atau CPNS dan pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja atau (PPPK) Wonogiri dinyatakan lolos seleksi administrasi setelah melakukan sanggahan kepada panitia seleksi.

Kabid Pengadaan Pemberhentian dan Informasi Aparatur Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Wonogiri, Wahyudi, mengatakan pada pengumuman seleksi adminitrasi beberapa waktu lalu ada 695 pelamar yang dinyatakan tidak lolos.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Perinciannya 636 pelamar dari CPNS dan 59 orang dari PPPK nonguru. Sementara itu, pelamar yang melakukan sanggahan ada 331 orang. Dari jumlah itu, pelamar yang dinyatakan lolos ada 17 orang. Perinciannya 16 orang pelamar CPNS dan satu orang pelamar PPPK nonguru.

Baca Juga: Duh! 6.699 Permohonan BPUM 2021 di Wonogiri Tereliminasi, Ini Penyebabnya

Menurut Wahyudi, pelamar CPNS Wonogiri yang berhasil lolos pada masa sanggah mayoritas berkaitan dengan surat tanda registrasi (STR) yang sudah tidak berlaku. Kemudian ada surat edaran (SE) dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia terkait STR pendaftar.

STR yang sudah tidak berlaku, ketika sudah mengurus perpanjangan dan minimal sudah sampai proses pembayaran perpanjangan bisa diakomodasi atau ditampung. Dengan demikian status pelamar berubah menjadi pendaftar yang memenuhi syarat.

“Pendaftar yang sudah sampai proses pembayaran bisa melakukan sanggahan. Bukti itu di-screenshot kemudian diunggah di akun pendaftar,” katanya saat dihubungi Solopos.com, Rabu (18/8/2021).

Baca Juga: Harga Jual Porang Turun Tapi Petani Wonogiri Kok Untung Rp56 Juta, Begini Hitung-Hitungannya

Jadwal Tes SKD Belum Pasti

Sementara itu, untuk seleksi PPPK guru menjadi wewenang Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Info terakhir yang diperoleh BKD Wonogiri, ada pengunduran jadwal pengumuman.

Setelah masa sanggah dan pengumumannya selesai, kata Wahyudi, proses selanjutnya yakni tes Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) bagi pelamar CPNS Wonogiri yang lolos seleksi administrasi.

Saat ini BKD tengah berkoordinasi dengan BKN terkait pelaksanaan SKD. Jadwal awal mulai 25 Agustus 2021, namun hingga kini belum ada kepastian. “Kami juga berkoordinasi dengan Kantor Regional I BKN Yogyakarta. Dimungkinkan SKD mulai dilaksanakan 30 Agustus 2021, tapi masih tentatif, belum pasti. Pelamar kami imbau selalu aktif memantau website BKD Wonogiri,” ungkapnya.

Baca Juga: Panen, Petani Porang di Wonogiri Untung Lebih dari Rp50 Juta

Lebih jauh, Wahyudi mengatakan lowongan CPNS yang paling banyak dilamar yakni perawat terampil. Dari 28 lowongan yang tersedia, ada 707 orang yang melamar. Namun yang memenuhi persyaratan hanya 632 orang.

“Kalau untuk formasi teknis CPNS, paling banyak yang didaftar pranata komputer. Dari tiga formasi yang mendaftar ada 131 pelamar. Tapi yang memenuhi persyaratan 115 orang,” kata Wahyudi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya