SOLOPOS.COM - Ilustrasi kecelakaan. (Freepik.com)

Solopos.com, SOLO — Sebanyak 13 kecelakaan tercatat selama periode Operasi Ketupat Candi 2022 pada 28 April 2022 hingga 9 Mei 2022 di Kota Solo.

Beruntung tidak ada korban jiwa dalam belasan kecelakaan tersebut.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Kasatlantas Polresta Solo, Kompol Adhytiawarman Gautama Putra, mewakili Kapolresta Solo, Kombes Pol Ade Safri Simanjuntak, Senin (9/5/2022), seluruh korban dalam belasan kecelakaan itu hanya menderita luka ringan.

“Untuk kecelakaan tidak ada pemudik ya, semua warga lokal Solo dan tunggal, dalam arti human error. Tidak menjadi kasus menonjol,” kata dia.

Terkait arus balik, Kasatlantas mengatakan terjadi pergeseran perubahan kendaraan pada mudik tahun ini.

Pemudik cenderung menggunakan transportasi umum dan membuat terjadi penurunan pemudik yang menggunakan kendaraan pribadi.

Baca Juga: Kapolresta Solo Tegaskan Tak Ada Penyekatan Arus Mudik 2022, Tapi…

Pada Minggu (8/5/2022) prediksi awal kendaraan bisa mencapai 450.000 kendaraan namun realisasinya hanya 414.311 kendaraan. Sedangkan untuk Sabtu (7/5/2022) realisasinya hanya 412.258 kendaraan.

“Kenaikan sendiri terjadi di terminal dan stasiun. Terminal yang biasanya 2.876 penumpang hari Minggu kemarin naik 120 persen menjadi 43.311 penumpang sedangkan Sabtu 35.033 penumpang. Sedangkan untuk stasiun, pada hari biasa 1.606 penumpang, pada Minggu menjadi 10.699 orang dan Sabtu 9.753 orang,” imbuh dia.

Kasatlantas mengatakan saat ini masyarakat lebih memilih untuk menggunakan transportasi umum daripada kendaraan pribadi.

Baca Juga: Kecelakaan Solo: Pemuda Serengan Meninggal Dihantam Sepeda Motor di Pasar Kliwon

Menurutnya sudah ada imbauan dari Kakoorlantas dan Menteri Perhubungan sebelum mudik untuk memanfaatkan fasilitas kendaraan umum.

Ia menduga sejumlah kebijakan dari pusat seperti pelonggaran libur anak sekolah dan masuk kerja bagi pekerja di wilayah Jakarta, Banten, dan Jabar sehingga arus balik tidak bersamaan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya